HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SDN 221 BULU DUA KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG

SAHRI BULAN (2023) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SDN 221 BULU DUA KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
01 halaman sampul.docx

Download (36kB)
[img] Text
Lampiran depan.docx

Download (145kB)
[img] Text
11 BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
12 BAB II.docx

Download (54kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)
[img] Text
lampiran 5.docx

Download (32kB)
[img] Text
16 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (263kB)

Abstract

SAHRI BULAN, 2014. Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika SDN 221 Bulu Dua Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Skripsi dibimbing oleh Dr. Hasaruddin Hafid. M.Ed dan Nur Abidah Idrus S.Pd.,M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama: bagaimanakah gambaran tingkat minat belajar matematika pada siswa SDN 221 Bulu Dua Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Kedua: bagaimanakah gambaran tingkat hasil belajar matematika pada siswa SDN 221 Bulu Dua Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Ketiga: apakah ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa SDN 221 Bulu Dua Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa SDN 221 Bulu Dua Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu variabel terikat adalah hasil belajar siswa sedangkan variabel bebas yaitu minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa SDN 221 Bulu Dua sebanyak delapan puluh enam orang, dan Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa kelas tinggi yang didapat melalui tekhnik Proportionate Stratified Random Sampling , dengan jumlah siswa sebanyak empat puluh tiga orang, data dalam penelitian dikumpulkan melalui angket, dokumentasi, uji validitas, dan uji reliabilitas. Selanjutnya diolah dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: minat belajar matematika siswa SDN 221 Bulu Dua Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng berada pada kategori sangat tinggi. Kedua: hasil belajar matematika siswa SDN 221 Bulu Dua berada pada kategori tinggi. Ketiga: terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa SDN 221 Bulu Dua.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Oct 2023 06:06
Last Modified: 05 Oct 2023 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34241

Actions (login required)

View Item View Item