PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD INPRES BTN IKIP I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

RISKA (2023) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD INPRES BTN IKIP I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL DEPAN.docx

Download (32kB)
[img] Text
2. SAMPUL KEDUA.docx

Download (34kB)
[img] Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (381kB)
[img] Text
4. PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (284kB)
[img] Text
5.PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (14kB)
[img] Text
6. MOTO.docx

Download (13kB)
[img] Text
7, ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.docx

Download (24kB)
[img] Text
10. BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
11. BAB_II[1].docx

Download (59kB)
[img] Text
12. BAB III.docx

Download (27kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
1. RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN.docx

Download (32kB)
[img] Text
2. LAMPIRAN INSTRUMEN PENELITIAN.docx

Download (152kB)
[img] Text
3. NILAI PRE DAN POST.docx

Download (18kB)
[img] Text
13.RIWAYAT HIDUP.docx

Download (43kB)

Abstract

RISKA, 2017, Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. St. Nursiah B,M.Pd, dan Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika siswa. Adapun rumusan masalahnya yaitu 1) Bagaimanakah gambaran penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap siswa kelas V SD Inpres BTN Ikip I Kecamatan Raappocini Kota Makassar ? 2) bagaimakah hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar ? 3) Apakah terdapat pengaruh pendekatan RME terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Inpres BTN Ikip I Kecamatan Rappocini Kota Makassar ?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui 1) bagaimanakah gambaran penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap siswa kelas V SD Inpres BTN Ikip I Kecamatan Raappocini Kota Makassar 2) bagaimakah hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan RME terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Inpres BTN Ikip I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian quasi eksperimen. Variabel dalam penelitian ini yakni varibel bebas yang merupakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan variabel terikat yang merupakan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Sample dalam penelitian ini terbagi atas dua kelompok kelas yakni kelompok eksperimen (IVA) dan kelompok kontrol (IVB) dengan jumlah siswa yang sama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian terdiri atas tiga hasil yakni pertama penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) mampu menjadikan hasil belajar para siswa meningkat, kedua hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan terutama pada kelompok eksperimen yang memilki nilai rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelompok kontrol, ketiga berdasarkan hasil uji-t Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kesimpulan yang dapat diperoleh yakni pendekatan RME berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:40
Last Modified: 24 Jul 2023 03:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33156

Actions (login required)

View Item View Item