PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN AROEPALA KOTA MAKASSAR

TENRIAGI SYARIF (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN AROEPALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL SKIRPSI 1.docx

Download (52kB)
[img] Image
2. Persetujuan pembimbing.png

Download (4MB)
[img] Image
3. Halaman pengesahan.png

Download (4MB)
[img] Text
4. Keaslian Skripsi.docx

Download (16kB)
[img] Text
5. Motto.rtf

Download (42kB)
[img] Text
7. Prakata.docx

Download (28kB)
[img] Text
6. Abstrak.docx

Download (20kB)
[img] Text
7. Prakata.docx

Download (28kB)
[img] Text
8. Daftar isi.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB 1 TENRI.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (54kB)
[img] Text
bab III TENRI.docx

Download (34kB)
[img] Text
Daftar Pustaka tenri.rtf

Download (60kB)
[img] Text
LAMPIRAN 25 UJI STATISTIK DESKRIPTIF KONTROL.rtf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN 25 UJI STATISTIK DESKRIPTIF KONTROL.rtf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN 27 UJI HIPOTESIS.rtf

Download (89kB)
[img] Text
lembar observasi siswa blum terisi.docx

Download (40kB)
[img] Text
riwayat hidup tenriagi syarif.docx

Download (119kB)

Abstract

Tenriagi Syarif. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Aroeppala Kota Makassar. Dibimbing oleh Drs. Muslimin. M.Ed., dan Dra. St. Habibah, M.Si Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group Investigation terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Aroeppala Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah gambaran pemberian model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Aroeppala Kota Makassar? (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa kelas IV SDN Aroeppala Kota Makassar? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Aroeppala Kota Makassar? Tujuan penelitian ini adalah Untuk megetahui gambaran pemberian model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI), gambaran hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Aroeppala Kota Makassar. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis Penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Aroeppala Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol dan IVB sebagai kelas eksperimen dilakukan secara (Simple Random Sampling). Data dikumpulkan dari pemberian tes hasil belajar pada ranah kognitif dan dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji-t dua sampel independent sample t- test dan sample paired test. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar IPS siswa kelas IVB kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar IPS siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol. Analisis statistik inferensial untuk uji hipotesis menggunakan program SPSS 20.0 for windows bahwa nilai t hitung > t tabel, dengan taraf signifikasi hitung lebih kecil daripada taraf signifikasi tabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Aroeppala Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:44
Last Modified: 24 Jul 2023 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33148

Actions (login required)

View Item View Item