PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

JULITA PATANDIANAN (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1.docx

Download (34kB)
[img] Text
2.docx

Download (1MB)
[img] Text
3.docx

Download (64kB)
[img] Text
4.docx

Download (65kB)
[img] Text
5.docx

Download (20kB)
[img] Text
6.doc

Download (98kB)
[img] Text
7.docx

Download (40kB)
[img] Text
9.docx

Download (31kB)
[img] Text
10.docx

Download (60kB)
[img] Text
17.docx

Download (45kB)

Abstract

Julita Patandianan, 2017. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Hj.Amrah, S.Pd.,M.Pd dan Drs. Muhammad Faisal, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya pendekatan pembelajaran yang digunakan guru sehingga hasil belajar IPA siswa rendah. Adapun rumusan masalah pada penelitian adalah bagaimanakah penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar?.Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah penerapan pendekatan keterampialn proses dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar Tahun Ajaran 2016/2017, dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Pada siklus I pertemuan I aktivitas guru berada pada kategori kurang dan pada pertemuan II aktivitas guru berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II pertemuan I dan pertemuan II aktivitas guru berada pada kategori baik. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I berada pada kategori kurang dan pada pertemuan II berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II pertemuan I dan pertemuan II aktivitas siswa berada pada kategori baik. Peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan keterampilan proses secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:43
Last Modified: 24 Jul 2023 01:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33143

Actions (login required)

View Item View Item