SULAIMAN (2023) PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SD NEGERI GUNUNG SARI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
SAMPUL DLL.docx Download (150kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (57kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (38kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (20kB) |
|
Text
LAMPIRAN 2 NEW.docx Download (27kB) |
|
Text
LAMPIRAN 1 NEW.docx Download (22kB) |
|
Text
LAMPIRAN 3 NEW.docx Download (325kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (35kB) |
Abstract
SULAIMAN, 2017. Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Terhadap Kemampuan Membaca Siswa SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd., M.Pd. dan Andi Wahed, S.Pd.,M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerakan literasi sekolah (GLS) terhadap kemampuan membaca siswa SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar tahun ajaran 2016/2017. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Experimental. Sampel penelitian dipilih secara purposive dengan memilih satu kelas eksperimen yaitu kelas V berjumlah 66 siswa dan yang hadir dalam penelitian yaitu 50 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes kemampuan membaca kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji-t dua sampel yaitu uji Wilcoxon dengan menggunakan pengujian dua pihak (two tail test). Uji normalitas menggunakan kolmogrov-Smirnov Normality Test dengan nilai Asymp Sig. (2-Tailed) sebesar 0,002 untuk data pretest dan 0,003 untuk data posttest. Kemampuan membaca siswa pada tes awal (pretest) berada pada kategori sangat memuaskan dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 83,99 dan kemampuan membaca siswa pada tes akhir (posttest) berada pada kategori sangat memuaskan dengan nilai rata-rata sebesar 90,23. Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dengan nilai Asymp Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05. Kesimpulan penelitian berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh gerakan literasi sekolah (GLS) terhadap kemampuan membaca siswa SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 06:18 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 06:18 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33134 |
Actions (login required)
View Item |