PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SD NEGERI GUNUNG SARI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

SULAIMAN (2023) PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SD NEGERI GUNUNG SARI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL DLL.docx

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2 NEW.docx

Download (27kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1 NEW.docx

Download (22kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3 NEW.docx

Download (325kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (35kB)

Abstract

SULAIMAN, 2017. Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Terhadap Kemampuan Membaca Siswa SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd., M.Pd. dan Andi Wahed, S.Pd.,M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerakan literasi sekolah (GLS) terhadap kemampuan membaca siswa SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar tahun ajaran 2016/2017. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Experimental. Sampel penelitian dipilih secara purposive dengan memilih satu kelas eksperimen yaitu kelas V berjumlah 66 siswa dan yang hadir dalam penelitian yaitu 50 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes kemampuan membaca kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji-t dua sampel yaitu uji Wilcoxon dengan menggunakan pengujian dua pihak (two tail test). Uji normalitas menggunakan kolmogrov-Smirnov Normality Test dengan nilai Asymp Sig. (2-Tailed) sebesar 0,002 untuk data pretest dan 0,003 untuk data posttest. Kemampuan membaca siswa pada tes awal (pretest) berada pada kategori sangat memuaskan dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 83,99 dan kemampuan membaca siswa pada tes akhir (posttest) berada pada kategori sangat memuaskan dengan nilai rata-rata sebesar 90,23. Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dengan nilai Asymp Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05. Kesimpulan penelitian berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh gerakan literasi sekolah (GLS) terhadap kemampuan membaca siswa SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:18
Last Modified: 21 Jul 2023 06:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33134

Actions (login required)

View Item View Item