PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SD NEGERI GUNUNG SARI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

SUHARNI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SD NEGERI GUNUNG SARI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul.docx

Download (27kB)
[img] Text
Daftar ISI, PRakta,Moto.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (77kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (44kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (30kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (13MB)
[img] Text
LAMPIRAN HAL 107-114.docx

Download (63kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (43kB)

Abstract

Suharni 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Oleh Muh. Irfan, S.Pd., M.Pd, Drs. Lutfi B, M.Kes. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian menggunakan quasi experimental design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Populasinya adalah seluruh Siswa Kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar sebanyak 64 siswa masing-masing terdiri 32 siswa kelas Va dan 32 siswa kelas Vb. Teknik penentuan sampel adalah dengan cara Porposive sampling dengan memilih Kelas Va sebagai kelas Kontrol dan kelas Vb sebagai kelas Eksperimen . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif frekuensi dan analisis paired sample test (uji-t berpasangan) melalui program SPSS versi 20.00 pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar, Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t menghasilkan nilai sig. (2-tailed) > 0,05.) artinya H0 ditolak dan H1 diterima dengan artian bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses sains siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE), dengan adanya perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:35
Last Modified: 20 Jul 2023 06:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33107

Actions (login required)

View Item View Item