SUHARNI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V SD NEGERI GUNUNG SARI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
Sampul.docx Download (27kB) |
|
Text
Daftar ISI, PRakta,Moto.docx Download (57kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (29kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (77kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (44kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (30kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (13MB) |
|
Text
LAMPIRAN HAL 107-114.docx Download (63kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (43kB) |
Abstract
Suharni 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Oleh Muh. Irfan, S.Pd., M.Pd, Drs. Lutfi B, M.Kes. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian menggunakan quasi experimental design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Populasinya adalah seluruh Siswa Kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar sebanyak 64 siswa masing-masing terdiri 32 siswa kelas Va dan 32 siswa kelas Vb. Teknik penentuan sampel adalah dengan cara Porposive sampling dengan memilih Kelas Va sebagai kelas Kontrol dan kelas Vb sebagai kelas Eksperimen . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif frekuensi dan analisis paired sample test (uji-t berpasangan) melalui program SPSS versi 20.00 pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SDN Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar, Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t menghasilkan nilai sig. (2-tailed) > 0,05.) artinya H0 ditolak dan H1 diterima dengan artian bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses sains siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE), dengan adanya perbedaan tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V SD Negeri Gunung Sari I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 06:35 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 06:35 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33107 |
Actions (login required)
View Item |