PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDINPRES KASSI KASSI 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

MARNI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDINPRES KASSI KASSI 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul 1.docx

Download (32kB)
[img] Text
2. HALAMAN DEPAN.docx

Download (47kB)
[img] Text
3. I. Pendahuluan.docx

Download (104kB)
[img] Text
4. II. Kajian Pustaka, Kerangka Pikir dan hipotesis tindakan.docx

Download (45kB)
[img] Text
5. III. Metode Penelitian.docx

Download (54kB)
[img] Text
8. DP 1.docx

Download (18kB)
[img] Text
9. DP 2.docx

Download (17kB)
[img] Text
10. Lampiran.docx

Download (28kB)
[img] Text
26. hasil tes siklus II.docx

Download (33kB)
[img] Text
27. data frekuensi siklus II.docx

Download (30kB)
[img] Text
29. Data perbandingan tes hasil Siklus I dan II.docx

Download (33kB)
[img] Text
30. dokumentasi.docx

Download (2MB)
[img] Text
31.RIWAYAT HIDUP.docx

Download (39kB)

Abstract

MARNI. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Latri, S.Pd., M.Pd dan Khaerunnisa, S.Pd.I.,MA pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas Kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar . Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini difokuskan pada dua aspek yaitu (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Aktivitas mengajar guru dan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas mengajar guru pada siklus I termasuk kategori kurang mengalami peningkatan pada siklus II yaitu kategori baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I termasuk kategori kurang meningkat pada siklus II menjadi kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I termasuk kategori sedang dan meningkat menjadi kategori tinggi pada siklus II. Berdasarlan hasil observasi guru siklus I dan II, hasil observasi siswa siklus I dan II, hasil belajar siswa pada siklus I dan II, maka penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:08
Last Modified: 20 Jul 2023 02:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33081

Actions (login required)

View Item View Item