HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN PENGUATAN POSITIF DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA SISWA SDN EMMY SAELAN KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

BESSE TENRI YAYU (2023) HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN PENGUATAN POSITIF DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA SISWA SDN EMMY SAELAN KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul.docx

Download (93kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (24kB)
[img] Text
Bab 2.docx

Download (63kB)
[img] Text
Bab 3.docx

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (39MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (32kB)

Abstract

Besse Tenri Yayu, 2017. Hubungan Pemberian Penguatan Positif dengan Minat Belajar Siswa pada Siswa SDN Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd., M.Pd. dan Andi Wahed, S.Pd., M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Terdapat beberapa permasalahan yang ada pada proses pembelajaran, seperti yang nampak dalam pembelajaran di kelas, hanya sebagian kecil siswa yang aktif dan antusias mengikuti pelajaran, sedangkan sebagian lainnya tidak demikian. Selain itu setelah proses pembelajaran berlangsung penguatan yang diberi oleh guru tersebut belum optimal baik secara verbal maupun nonverbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian penguatan positif dengan minat belajar siswa SDN Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SDN Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang berjumlah 198 siswa. Sampel penelitian sebanyak 80 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Teknik pengujian hipotesis analisis korelasional menggunakan Uji Sparman Rank Correlation. Sebelumnya, dilakukan uji normalitas dengan uji One Sample Kolmogorov-Smirnov Normality Test dengan nilai Asymp Sig. (2-Tiled) sebesar 0,006 untuk data penguatan positif dan 0,000 untuk data minat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian angket penguatan positif berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata (mean) 16,06 dan hasil penelitian angket minat belajar berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata (mean) 9,51. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian penguatan positif dengan minat belajar siswa SDN Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan koefisien korelasi 0,000 dan signifikansi koefisien korelasi sebesar 0,554 yang berada pada kategori sedang. Disarankan sebaiknya penguatan tetap diberikan kepada siswa agar minat belajar siswa bisa tercapai secara maksimal. Selain itu, penguatan harus tepat sasaran dan sesuai dengan kondisi siswa, agar penguatan menjadi efektif.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:23
Last Modified: 18 Jul 2023 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33063

Actions (login required)

View Item View Item