SELFI YUSNITA (2023) HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAMDI SD KELURAHAN TAMAMAUNG KECAMATAN PANAKUKANG KOTA MAKASSAR.
Text
Sampul.docx Download (69kB) |
|
Text
BAB I 1-8.docx Download (28kB) |
|
Text
BAB II 9-43.docx Download (56kB) |
|
Text
BAB III 44-56.docx Download (38kB) |
|
Text
DP 90-92.docx Download (24kB) |
|
Text
1. KISI-KISI PRINT.docx Download (29kB) |
|
Text
2. VALIDASI AHLI SCAN.docx Download (1MB) |
|
Text
10. ANALISIS DESKRIPTIF PRINT.docx Download (20kB) |
|
Text
12. TABEL R PRINT.docx Download (20kB) |
|
Text
13. DOKUMENTASI.docx Download (1MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP.docx Download (31kB) |
Abstract
Selfi Yusnita, 2016, Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan ALam di SD Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si dan Dr. Andi Nurochmah M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang hubungan pengelolaan kelas dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah pengelolaan kelas di SD Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar, (2) bagaimanakah hasil belajar IPA di SD Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar, (3) apakah ada hubungan yang antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan kelas, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, dan untuk mengetahui hubungan pengelolaan kelas dengan hasil belajar IPA. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian korelasi. Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional dengan model hubungan asimetris. Penelitian ini disebut penelitian populasi. Adapum populasi dalam penelitian ini yaitu guru kelas IV, V, dan VI dari empat sekolah yang ada di Kelurahan Tamamung yang berjumlah 19 orang. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket (kusioner) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensil. Hasil penelitian menunjukkan nilai Rho hitung > Rho Tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Kelurahan Tamamaung Kecamatan Penakukang Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 06:15 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 06:15 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33028 |
Actions (login required)
View Item |