HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAMDI SD KELURAHAN TAMAMAUNG KECAMATAN PANAKUKANG KOTA MAKASSAR

SELFI YUSNITA (2023) HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAMDI SD KELURAHAN TAMAMAUNG KECAMATAN PANAKUKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB I 1-8.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II 9-43.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB III 44-56.docx

Download (38kB)
[img] Text
DP 90-92.docx

Download (24kB)
[img] Text
1. KISI-KISI PRINT.docx

Download (29kB)
[img] Text
2. VALIDASI AHLI SCAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
10. ANALISIS DESKRIPTIF PRINT.docx

Download (20kB)
[img] Text
12. TABEL R PRINT.docx

Download (20kB)
[img] Text
13. DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (31kB)

Abstract

Selfi Yusnita, 2016, Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan ALam di SD Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si dan Dr. Andi Nurochmah M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang hubungan pengelolaan kelas dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah pengelolaan kelas di SD Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar, (2) bagaimanakah hasil belajar IPA di SD Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar, (3) apakah ada hubungan yang antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Kelurahan Tamamaung Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan kelas, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, dan untuk mengetahui hubungan pengelolaan kelas dengan hasil belajar IPA. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian korelasi. Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional dengan model hubungan asimetris. Penelitian ini disebut penelitian populasi. Adapum populasi dalam penelitian ini yaitu guru kelas IV, V, dan VI dari empat sekolah yang ada di Kelurahan Tamamung yang berjumlah 19 orang. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket (kusioner) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensil. Hasil penelitian menunjukkan nilai Rho hitung > Rho Tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Kelurahan Tamamaung Kecamatan Penakukang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:15
Last Modified: 17 Jul 2023 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33028

Actions (login required)

View Item View Item