Isyrawidiantika Nursyam. (2023) PENERAPAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA MURID KELAS IV SD NEGERI RAPPOCINI 1 KOTA MAKASSAR.
Text
HALAMAN DEPAN.docx Download (32kB) |
|
Text
1. Halaman Sampul.docx Download (24kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.docx Download (24kB) |
|
Text
bab 1.docx Download (33kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (35kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (26kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (18kB) |
|
Spreadsheet
lembar penilaian new.xlsx Download (12kB) |
|
Text
penilaian tes akhir siklus I.docx Download (37kB) |
Abstract
Isyrawidiantika Nursyam. 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Murid Kelas IV SD Negeri Rappocini 1 Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Dra. Nurhaedah A, M.Si dan Drs Latri Aras S.Pd, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca murid di kelas IV SD Negeri Rappocini 1 Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) di kelas IV SD Negeri Rappocini 1 Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran PQ4R untuk meningkatkan keterampilan membaca pada murid di kelas IV SD Negeri Rappocini 1 Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini difokuskan pada dua aspek yaitu Penerapan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dan Keterampilan membaca murid. Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Aktivitas mengajar guru dan keterampilan membaca murid mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas mengajar guru pada siklus I termasuk kategori kurang dan siklus II yaitu kategori baik. Aktivitas keterampilan membaca murid pada siklus I termasuk kategori kurang meningkat pada siklus II menjadi kategori baik. Hasil Penelitian menunjukkan ada peningkatan dari siklus I kesiklus II dilihat dari siklus I keterampilan membaca murid berada pada kategori sedang, sedangkan pada siklus II keterampilan membaca murid berada pada kategori tinggi. Dapat di simpulkan bahwa pada penerapan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dapat meningkatkan keterampilan membaca murid di kelas IV SD Negeri Rappocini 1 Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 01:14 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 01:14 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32991 |
Actions (login required)
View Item |