PENERAPAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA MURID KELAS IV SD NEGERI RAPPOCINI 1 KOTA MAKASSAR

Isyrawidiantika Nursyam. (2023) PENERAPAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA MURID KELAS IV SD NEGERI RAPPOCINI 1 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (32kB)
[img] Text
1. Halaman Sampul.docx

Download (24kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.docx

Download (24kB)
[img] Text
bab 1.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (26kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (18kB)
[img] Spreadsheet
lembar penilaian new.xlsx

Download (12kB)
[img] Text
penilaian tes akhir siklus I.docx

Download (37kB)

Abstract

Isyrawidiantika Nursyam. 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Murid Kelas IV SD Negeri Rappocini 1 Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Dra. Nurhaedah A, M.Si dan Drs Latri Aras S.Pd, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca murid di kelas IV SD Negeri Rappocini 1 Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) di kelas IV SD Negeri Rappocini 1 Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran PQ4R untuk meningkatkan keterampilan membaca pada murid di kelas IV SD Negeri Rappocini 1 Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini difokuskan pada dua aspek yaitu Penerapan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dan Keterampilan membaca murid. Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Aktivitas mengajar guru dan keterampilan membaca murid mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas mengajar guru pada siklus I termasuk kategori kurang dan siklus II yaitu kategori baik. Aktivitas keterampilan membaca murid pada siklus I termasuk kategori kurang meningkat pada siklus II menjadi kategori baik. Hasil Penelitian menunjukkan ada peningkatan dari siklus I kesiklus II dilihat dari siklus I keterampilan membaca murid berada pada kategori sedang, sedangkan pada siklus II keterampilan membaca murid berada pada kategori tinggi. Dapat di simpulkan bahwa pada penerapan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dapat meningkatkan keterampilan membaca murid di kelas IV SD Negeri Rappocini 1 Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:14
Last Modified: 17 Jul 2023 01:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32991

Actions (login required)

View Item View Item