EFEKTIVITAS STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V DI SD NEGERI 13 LAPONGKODA KABUPATEN WAJO

ANDI REZA HIDAYAT (2023) EFEKTIVITAS STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V DI SD NEGERI 13 LAPONGKODA KABUPATEN WAJO.

[img] Text
Bagian Awal.docx

Download (1MB)
[img] Text
Bagian Isi.docx

Download (188kB)
[img] Text
LAMPIRAN I Instrumen.docx

Download (42kB)
[img] Text
LAMPIRAN II RPP.docx

Download (41kB)
[img] Text
LAMPIRAN III, IV dan V.docx

Download (27kB)
[img] Text
LAMPIRAN IX dan X Dokumentasi.docx

Download (4MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (121kB)

Abstract

ANDI REZA HIDAYAT, 2016, Efektivitas Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V di SD Negeri 13 Lapongkoda Kabupaten Wajo. Skripsi. Dibimbing oleh Widya Karmila Sari Achmad, S.Pd.,M.Pd. dan Sumarlin Mus, S.Pd.,M.Pd.; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa Kelas V di SD Negeri 13 Lapongkoda Kabupaten Wajo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas V SD Negeri 13 Lapongkoda tahun 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel pada kelas eksperimen berjumlah 15 siswa dan jumlah sampel pada kelas kontrol berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain tes yang terdiri pre test dan post test, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan uji t yang dilakukan diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 13 Lapongkoda Kabupaten Wajo sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Berdasarkan hasil post test kelas eksperimen dan kontrol diketahui bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 13 Lapongkoda Kabupaten Wajo antara kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dengan kelompok yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi membaca pemahaman. Selain itu, penggunaan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 13 Lapongkoda Kabupaten Wajo. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan gain score pre test dan post test kelas eksperimen yang termasuk kategori sedang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:58
Last Modified: 14 Jul 2023 01:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32881

Actions (login required)

View Item View Item