Pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Devi Arvianti (2023) Pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
SAMPUL DEPAN DLL.docx

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (95kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (39kB)
[img] Text
Lampiran 1 KISI-KISI INSTRUMEN SOAL.docx

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran 2 soal Pre Test.docx

Download (82kB)
[img] Text
Lampiran 3 soal Post test.docx

Download (80kB)
[img] Text
Lampiran 4 RPP KE Pertemuan 1 dan 2.docx

Download (645kB)
[img] Text
Lampiran 5 RPP KK Pertemuan 1 dan 2.docx

Download (866kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (50kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalahnya adalah (1) bagaimanakah gambaran penerapan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar; (2) bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa setelah digunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar; (3) apakah ada pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran penerapan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar; (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa setelah digunakan metode eksperimen pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar; (3) untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode eksperimen sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPA. Jumlah populasi yaitu 93 siswa. Sampel penelitian dipilih secara purposive dengan memilih kelas VA dan kelas VB dengan jumlah 75 siswa melalui hasil pretest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji-normalitas dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penerapan metode eksperimen dengan penerapan metode pembelajaran konvensional. Hasil analisis Independent Sample T-Test nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil Sig. (2-tailed) < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA kelas V SD SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:15
Last Modified: 27 Jun 2023 02:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31915

Actions (login required)

View Item View Item