PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADASISWA KELAS V SD INPRES KASSI-KASSI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

MASDIAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADASISWA KELAS V SD INPRES KASSI-KASSI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. sampul.docx

Download (25kB)
[img] Text
3. Persetujuan pemimbing.docx

Download (141kB)
[img] Text
4. Pengesahan.docx

Download (187kB)
[img] Text
5. Pernyataan Keaslian.docx

Download (141kB)
[img] Text
6.MOTO Revisi.docx

Download (17kB)
[img] Text
8. PRAKATA.docx

Download (20kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISIchia.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I revisi.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II revisi.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK NEW.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lam. 29 hasil tes siklus II.docx

Download (21kB)
[img] Text
Lam. 30 perbandingan siklus 1 & 2.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lam. 31 Foto Pelaksanaan Kegiatan.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

MASDIAH, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Pair Check untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Latri S.Pd.,M.Pd. dan Khaerunnisa S.Pd.,M.A.: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini didasari oleh kenyataan di kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar adalah rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Pair Check untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar? (2) Apakah terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Pair Check untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar (2) Apakah terdapat peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus, meliputi perencanana, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini yaitu 1) penerapan model pembelajaran Pair Check dan 2) hasil belajar matematika. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 15 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknik analisis deskriptif. Data penelitian ini adalah data aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan, baik aktivitas guru maupun aktivitas siswa dalam proses pembelajaran matematika. Hasil siklus I yang terdiri dari aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar dengan kualifikasi cukup sedangkan hasil belajar matematika pada siklus I kualifikasi cukup dan mengalami peningkatan di siklus II yang terdiri dari aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dengan kualifikasi baik sedangkan hasil belajar matematika dengan kualifikasi baik . Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Pair Check dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:17
Last Modified: 22 Jun 2023 03:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30986

Actions (login required)

View Item View Item