PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN EMMY SAELAN KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Alexander (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN EMMY SAELAN KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul utama.docx

Download (20kB)
[img] Text
sampul kedua.docx

Download (27kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.docx

Download (29kB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (16kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (65kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
Lampiran 24.docx

Download (22kB)
[img] Text
Lampiran 25 indikator proses.docx

Download (17kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.doc

Download (47kB)

Abstract

Alexander, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Djohara Nonci, M.Si. dan Dr. Erma Suryani. Sahabuddin, M.Si. pada Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kela IV SDN Emmy Saelan Kecamatan Rappocino Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV. Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif. Indikator keberhasilan dinilai dari dua aspek yaitu proses dan hasil. Proses pembelajaran aktivitas guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori cukup, pada siklus II aktivitas guru dan siswa meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV yang pada siklus I berada pada kategori kurang dan meningkat pada siklus II dengan kategori baik. Demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:15
Last Modified: 21 Jun 2023 07:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30851

Actions (login required)

View Item View Item