PENERAPAN METODE SCAFFOLDING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VB SD INPRESJONGAYA I KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

ALIF TRIYUANA AZISAH (2023) PENERAPAN METODE SCAFFOLDING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VB SD INPRESJONGAYA I KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
LAMPIRAN FIX.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (299kB)

Abstract

Alif Triyuana Azisah, 2017. Penerapan Metode Scaffolding Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VB SD Inpres Jongaya I Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Johara Nonci., M.Si dan Dr. Erma Suryani Sahabuddin., M.Si Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa SD Inpres Jongaya I Kecamatan Tamalate Kota Makassar berada di bawah nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode scaffolding dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VB SD Inpres Jongaya I Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode scaffolding dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang berulang atau siklus. Fokus penelitian adalah penerapan metode scaffolding, dan hasil belajar matematika. Penelitian dilaksanakan di SD Inpres Jongaya I Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas VB dan siswa kelas VB yang berjumlah 35 orang, yang terdiri dari 20 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi tes dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dilihat dari dua aspek yaitu proses dan hasil. Proses pembelajaran aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi kategori baik, sedangkan aktifitas belajar siswa pada sikus I dan siklus II berada kategori baik. Hasil belajar siswa siklus I mencapai kualifikasi cukup dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat mencapai kualifikasi sangat baik . Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan metode scaffolding dapat meningkat hasil belajar matematika pada siswa kelas VB SD Inpres Jongaya I Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jun 2023 02:21
Last Modified: 21 Jun 2023 02:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30731

Actions (login required)

View Item View Item