PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN TIPE THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNG SARI 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

IBNU SULTAN (2023) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN TIPE THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNG SARI 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI 1.docx

Download (26kB)
[img] Text
MOTTO IBNU.docx

Download (13kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI IBNU.docx

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR ISI ibnu.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (27kB)
[img] Text
daftar pustaka ibnu..docx

Download (22kB)
[img] Text
rpp make a match untuk skripsi ibnu - 2.docx

Download (18kB)
[img] Text
rpp make a match untuk skripsi ibnu1.docx

Download (19kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (685kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (36kB)

Abstract

IBNU SULTAN.2017. Perbandingan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pemebelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dengan Tipe The Power Of Two Pada Siswa Kelas IV SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj.Rosdiah Salam, M.Pd dan Dra. St. Nursiah B, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1). Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah perbandingan hasil belajar IPA melalui penerapan model pemebelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan Tipe The Power Of Two pada siswa kelas IV SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match di kelas IV SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. 2.Untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two di kelas IV SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. 3.Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan tipe The Power Of Two di kelas IV SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Grup Designs. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A dan B yang berjumlah 62 orang. Analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik infrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada perbedaan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dengan Tipe The Power Of Two di kelas IV SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1.Hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match mengalami peningkatan. 2.Hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan menerapkan model pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two mengalami peningkatan. 3.Terdapat perbedaan hasil belajar IPA dimana model kooperatif tipe The Power Of Two hasil posstestnya lebih tinggi dari model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas IV SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:14
Last Modified: 19 Jun 2023 02:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30285

Actions (login required)

View Item View Item