Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN No.19 Boyong Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto

Nurikhwani (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN No.19 Boyong Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto.

[img] Text
Halaman judul.rtf

Download (165kB)
[img] Text
Pembatas lampiran.docx

Download (15kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN KEASLIAN SKRIPSI.rtf

Download (185kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (50kB)
[img] Text
surat pengesahan usulan penelitian.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (73kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB V.rtf

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA yang benar.docx

Download (19kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (54kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN No.19 Boyong Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada siswa kelas V SDN No.19 Boyong Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN No.19 Boyong Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa yang berjumlah 21 orang yang terdiri 14 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Fokus dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, tes dan dokumentasi. Adapun hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh ketuntasa secara klasikal yaitu 47,6% dan pada siklus II diperoleh ketuntasan secara klsikal yaitu 80,9%. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN No.19 Boyong Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:02
Last Modified: 15 Jun 2023 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30090

Actions (login required)

View Item View Item