Devi Ami Sapitri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD NEGERI BARA-BARAYA II KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.
Text
SAMPUL.docx Download (47kB) |
|
Text
0. Prakata.docx Download (527kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (63kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (40kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (44kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (21kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (21kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (44kB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa kelas III SD Negeri Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas III SDN Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar? (2) Bagaimanakah gambaran minat belajar IPA siswa kelas III SDN Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar setelah pelaksanaan model pembellajaran kooperatif tipe Make A Match? (3) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berpengaruh terhadap minat belajar IPA siswa kelas III SDN Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran IPA Siswa Kelas III SDN Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar. (2) Minat Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar setelah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match (3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre experiment, dengan desain One Group Pretest Postest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Bara-baraya II kecamatan Makassar Kota Makassar dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu 23 orang, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan analisis data dengan menggunakan uji-t, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap minat belajar IPA siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 01:39 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 01:39 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30037 |
Actions (login required)
View Item |