PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD NEGERI BARA-BARAYA II KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

Devi Ami Sapitri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD NEGERI BARA-BARAYA II KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (47kB)
[img] Text
0. Prakata.docx

Download (527kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (63kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (21kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (44kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa kelas III SD Negeri Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas III SDN Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar? (2) Bagaimanakah gambaran minat belajar IPA siswa kelas III SDN Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar setelah pelaksanaan model pembellajaran kooperatif tipe Make A Match? (3) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berpengaruh terhadap minat belajar IPA siswa kelas III SDN Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran IPA Siswa Kelas III SDN Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar. (2) Minat Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar setelah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match (3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Bara-baraya II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre experiment, dengan desain One Group Pretest Postest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Bara-baraya II kecamatan Makassar Kota Makassar dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu 23 orang, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan analisis data dengan menggunakan uji-t, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap minat belajar IPA siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:39
Last Modified: 15 Jun 2023 01:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30037

Actions (login required)

View Item View Item