ARMIANA (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL AND INTELLECTUAL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD INPRES BTN IKIP II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
sampul dkk.docx Download (160kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (23kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (50kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (30kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (19kB) |
|
Text
LAMPIRAN 1-10.docx Download (401kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Download (49kB) |
|
Text
LAMPIRAN 11-26.docx Download (11MB) |
Abstract
Armiana. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intellectual) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD INPRES BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd., M.Pd. dan Hikmawati Usman, S.Pd., M.Pd.. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika yang diajarkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual) dengan model pembelajaran konvensional siswa SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan bentuk Intact-Group Comparison. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Inpres BTN IKIP II. Sampel penelitian ini adalah kelas V dengan jumlah siswa 29 yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 15 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 14 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran penggunaan model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dalam proses pembelajaran dapat dikategorikan efektif (baik), hasil belajar matematika siswa pada kelompok eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran SAVI berada pada kategori baik, sedangkan hasil belajar matematika siswa pada kelompok kontrol yang diajar dengan model pembelajaran konvensional berada pada kategori cukup. Hal ini dibuktikan dengan uji-t independent sample t-test yaitu diperoleh bahwa nilai thitung > ttabel (4.271 > 2.05183) dengan nilai probabilitas lebih kecil dari dari 0.05 (0.000 < 0.05). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual) terhadap hasil belajar matematika Siswa SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 01:09 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 01:09 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30029 |
Actions (login required)
View Item |