Article #29987

KEZIA KRISTA (2023) UNSPECIFIED

[img] Text
2 sampul (ii).docx

Download (42kB)
[img] Text
3 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI (v).docx

Download (17kB)
[img] Text
4 Motto (v).docx

Download (20kB)
[img] Text
5 Abstrak key.docx

Download (20kB)
[img] Text
6 _PRAKATA[1].docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (47kB)
[img] Text
bab iv.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (23kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (22kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (595kB)
[img] Text
LAMPIRAN fix.docx

Download (89kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP edit.docx

Download (34kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 127 Inpres Moncongloe kecamatan Moncongloe kabupaten Maros. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA dikelas V SDN 127 Inpres moncongloe kecematan Moncongloe kabupaten Maros? Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan motode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas kelas V SDN 127 Inpres Moncongloe kecamatan Moncongloe kabupaten Maros. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Fokus penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan metode eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 17 orang siswa yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 8 orang perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan Hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori C (cukup), sedangkan hasil penelelitian aktivitas guru pada siklus II meningkat menjadi kategori B (baik). Hasil penelitian aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori K (kurang), sedangkan pada siklus II hasil penelitian aktivitas siswa berada pada dua kategori, pertemuan pertama berada pada kategori C (cukup) dan pertemuan kedua berada pada kategori B (baik). Hasil belajar siswa pada siklus I dengan penerapan metode eksperimen belum berhasil dan berada pada kategori tidak tuntas dan pada siklus II hasil belajar siswa telah berhasil dan berada pada kategori tuntas, dengan demikian penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 127 Inpres Moncongloe kecamatan moncongloe kabupaten Maros

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 06:40
Last Modified: 14 Jun 2023 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29987

Actions (login required)

View Item View Item