Nurwahidah (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUIMETODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS IVSD ANASSAPPU KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA.
Text
SAMPUL SKRIPSI.docx Download (38kB) |
|
Text
Persetujuan Pembimbing.pdf Download (475kB) |
|
Text
Pengesahan Ujian.pdf Download (524kB) |
|
Text
MOTO.docx Download (13kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (15kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
PRAKATA.docx Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (20kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (20kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (35kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (30kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA falid nah.docx Download (15kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (12kB) |
|
Text
lampiran 1.docx Download (16kB) |
|
Text
lampiran 2.docx Download (16kB) |
|
Text
lampiran 3.docx Download (16kB) |
|
Text
Lampiran 12 RPP - 17 siklus II.docx Download (33kB) |
|
Text
Lampiran 21 dokumentaasi.docx Download (2MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP BARU NUR.docx Download (25kB) |
Abstract
Nurwahidah, 2018. Peningkatan Hasil Belajat Matematika Melalui Metode Problem Solving Pada Materi Soal Ceita Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) siswa Di Kelas IV SD Anassappu Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Skripsi Dibimbing oleh Dr. Suarlin M. Si dan Dr. Latang M. Pd Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Peneliti ini mengkaji tentang peningkatan hasil belajar Matematika melalui Metode Problem Solving pada Materi Soal Cerita FPB dan KPK siswa di kelas IV SD Anassappu Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Rumusan masalah, Bagaimanakah hasil belajar matematika setelah diterapkannya metode Problem Solving pada siswa kelas IV SD Anassappu Kecamatan Bontonopo Kabupaten Gowa ? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pembelajaran matematika melalui metode Problem Solving pada materi soal cerita FPB dan KPK sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Anassappu Kecamatan Bontonopo Kabupaten Gowa. 2) Mendeskripsikan bagaimana hasil belajar matematika setelah diterapkannya metode Problem Solving pada materi soal cerita FPB dan KPK siswa kelas IV SD Anassappu Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, yang dilaksanakan dikelas IV SD Anassappu Kabupaten Gowa dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 33 orang siswa, yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 22 orang perempuan. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen observasi, tes dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus, yaitu meliputi menyusun rencana, tindakan persiapan pembelajaran, observasi, refleksi. Pembelajaran tersebut dilaksanakan dengan menggunakan tiga langkah pembelajaran yaitu (1) orientasi siswa pada masalah, (2) mengorganisir siswa untuk belajar, (3) membimbing penyelidikan individual dan kelompok. Proses pembelajaran matematika melului metode Problem Solving berhasil meningkatkan hasil belajar matematika terbukti dengan skor rata-rata hasil belajar matematika pada siklus I masuk pada kategori rendah, selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa berada pada kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Problem Solving pada mata pelajaran Matematika dengan materi soal cerita FPB dan KPK hasil belajar siswa meningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 05:47 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 05:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29966 |
Actions (login required)
View Item |