PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUIMETODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS IVSD ANASSAPPU KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA

Nurwahidah (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUIMETODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS IVSD ANASSAPPU KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (38kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (475kB)
[img] Text
Pengesahan Ujian.pdf

Download (524kB)
[img] Text
MOTO.docx

Download (13kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA falid nah.docx

Download (15kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (12kB)
[img] Text
lampiran 1.docx

Download (16kB)
[img] Text
lampiran 2.docx

Download (16kB)
[img] Text
lampiran 3.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 12 RPP - 17 siklus II.docx

Download (33kB)
[img] Text
Lampiran 21 dokumentaasi.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP BARU NUR.docx

Download (25kB)

Abstract

Nurwahidah, 2018. Peningkatan Hasil Belajat Matematika Melalui Metode Problem Solving Pada Materi Soal Ceita Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) siswa Di Kelas IV SD Anassappu Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Skripsi Dibimbing oleh Dr. Suarlin M. Si dan Dr. Latang M. Pd Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Peneliti ini mengkaji tentang peningkatan hasil belajar Matematika melalui Metode Problem Solving pada Materi Soal Cerita FPB dan KPK siswa di kelas IV SD Anassappu Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Rumusan masalah, Bagaimanakah hasil belajar matematika setelah diterapkannya metode Problem Solving pada siswa kelas IV SD Anassappu Kecamatan Bontonopo Kabupaten Gowa ? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pembelajaran matematika melalui metode Problem Solving pada materi soal cerita FPB dan KPK sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Anassappu Kecamatan Bontonopo Kabupaten Gowa. 2) Mendeskripsikan bagaimana hasil belajar matematika setelah diterapkannya metode Problem Solving pada materi soal cerita FPB dan KPK siswa kelas IV SD Anassappu Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, yang dilaksanakan dikelas IV SD Anassappu Kabupaten Gowa dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 33 orang siswa, yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 22 orang perempuan. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen observasi, tes dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus, yaitu meliputi menyusun rencana, tindakan persiapan pembelajaran, observasi, refleksi. Pembelajaran tersebut dilaksanakan dengan menggunakan tiga langkah pembelajaran yaitu (1) orientasi siswa pada masalah, (2) mengorganisir siswa untuk belajar, (3) membimbing penyelidikan individual dan kelompok. Proses pembelajaran matematika melului metode Problem Solving berhasil meningkatkan hasil belajar matematika terbukti dengan skor rata-rata hasil belajar matematika pada siklus I masuk pada kategori rendah, selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa berada pada kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Problem Solving pada mata pelajaran Matematika dengan materi soal cerita FPB dan KPK hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 05:47
Last Modified: 14 Jun 2023 05:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29966

Actions (login required)

View Item View Item