Mardia (2023) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDI GUNUNG SARI BARU KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
1. halaman sampul.doc Download (53kB) |
|
Text
3. Persetujuan Pembimbing .doc Download (111kB) |
|
Text
4. Pengesahan Ujian Skripsi .doc Download (130kB) |
|
Text
5. Pernyataan Keaslian Skripsi.doc Download (31kB) |
|
Text
6. moto.docx Download (13kB) |
|
Text
7. abstrak.docx Download (15kB) |
|
Text
8. prakata.docx Download (16kB) |
|
Text
9. daftar isi.docx Download (19kB) |
|
Text
10. daftar tabel.docx Download (14kB) |
|
Text
11. daftar gambar.docx Download (13kB) |
|
Text
11. daftar gambar.docx Download (13kB) |
|
Text
13. bab I.docx Download (21kB) |
|
Text
14. bab II.docx Download (37kB) |
|
Text
15. bab III.docx Download (34kB) |
|
Text
16. bab IV.docx Download (29kB) |
|
Text
17. bab V.docx Download (18kB) |
|
Text
Lampiran 27 riwayat hidup.docx Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V di SDI Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran penggunaan pemberian penguatan (reinforcement) pada pembelajaran IPA siswa kelas V?; (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pemberian penguatan (reinforcement) pada mata pelajaran IPA? dan (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan dalam pemberian penguatan (reinforcement) terhadap hasil belajar IPA?. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran penggunaan pemberian penguatan (reinforcement) pada siswa kelas V; (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pemberian penguatan (reinforcement) pada mata pelajaran IPA; (3) untuk mengetahui apakah pengaruh yang signifikan dalam pemberian penguatan (reinforcement) terhadap hasil belajar IPA. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experiment, dengan desain one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan sampelnya adalah seluruh populasi yaitu 21 orang, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu paired sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Gambaran penggunaan pemberian penguatan (reinforcement) berada dalam kategori baik; (b) hasil belajar IPA sebelum penggunaan pemberian penguatan (reinforcement) dalam kategori kurang, sedangkan setelah penggunaan berada pada kategori cukup. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan dalam pemberian penguatan (reinforcement) terhadap hasil belajar IPA kelas V SDI Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 02:58 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 02:58 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29928 |
Actions (login required)
View Item |