PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 09 ALLU TAROWANG KECAMATAN TAROWANG KABUPATEN JENEPONTO

Indah Ayu Lestari (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 09 ALLU TAROWANG KECAMATAN TAROWANG KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
1. Sampul kedua.docx

Download (301kB)
[img] Text
2. BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
3. BAB II.docx

Download (56kB)
[img] Text
4. BAB III.docx

Download (44kB)
[img] Text
5. BAB IV.docx

Download (76kB)
[img] Text
6. BAB V.docx

Download (22kB)
[img] Text
19. DOKUMENTASI.docx

Download (2MB)
[img] Text
20. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (41kB)

Abstract

Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 09 Allu Tarowang Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 09 Allu Tarowang Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah satu orang guru dan siswa kelas V SDN 09 Allu Tarowang Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan minat belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi yaitu aktifitas guru dan siswa selama proses pelaksanaan tindakan, sedangkan data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus I untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa berada pada ketegori cukup sedangkan minat belajar pada siklus I juga berada dalam kategori sedang. Pada siklus II untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa sudah berada pada kategori baik sedangkan minat belajar berada pada kategori tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 09 Allu Tarowang Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:04
Last Modified: 14 Jun 2023 02:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29909

Actions (login required)

View Item View Item