PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD INPRES BTN IKIP 1KOTA MAKASSAR

Dinar Muharrikha Anwar (2023) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD INPRES BTN IKIP 1KOTA MAKASSAR.

[img] Text
0.SAMPUL.docx

Download (37kB)
[img] Text
1. abstrak.docx

Download (59kB)
[img] Text
2.BAB 1.docx

Download (27kB)
[img] Text
2.BAB 2.docx

Download (48kB)
[img] Text
2.BAB 3.docx

Download (71kB)
[img] Text
4. Daftar Pustaka.docx

Download (21kB)
[img] Text
5. LAMPIRAN RPP DAN LKS SIKLUS I.docx

Download (72kB)
[img] Text
6. LAMPIRAN RPP DAN LKS SIKLUS II.docx

Download (84kB)
[img] Text
14 dokumentasi.docx

Download (957kB)
[img] Text
- RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

Dinar Muharrikha Anwar, 2017. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa di Kelas V SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh, Hamzah Pagarra, S.Kom.,M.Pd dan Dr. Latang, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar? untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa di kelas V SD Inpres BTN IKIP Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah satu orang guru dan siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar yang berjumlah 29 orang. Fokus penelitian ini adalah pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, dokumentasi dan observasi yaitu aktifitas guru dan siswa selama proses pelaksanaan tindakan, sedangkan data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori kurang (K) karena dalam proses pembelajaran guru belum maksimal dalam menjalankan langkah-langkah pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik sedangkan hasil observasi aktifitas siswa pada siklus I berada pada kategori kurang (K). Kemudian Hasil tes belajar siswa pada siklus I tidak Tuntas dengan presentase ketuntasan 41,38%. Pada siklus II hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berada pada kategori baik (B) karena dalam proses pembelajarannya guru sudah melaksanakan langkah-langkah pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik sesuai yang diharapkan. Kemudian Hasil tes belajar siswa pada siklus II Tuntas dengan presentase ketuntasan 82,75%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:41
Last Modified: 14 Jun 2023 01:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29900

Actions (login required)

View Item View Item