PENGARUH PENERAPAN STRATEGI MOVIE LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD INPRES GUNUNG SARI BARU KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

JULAEHA (2023) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI MOVIE LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD INPRES GUNUNG SARI BARU KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1 SAMPUL HASIL PENELITIAN.docx

Download (42kB)
[img] Text
2 persetujuan pembimbing.docx

Download (1MB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (38kB)
[img] Text
4 BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
5 BAB II.docx

Download (49kB)
[img] Text
6 BAB III.docx

Download (36kB)
[img] Text
7 BAB IV.docx

Download (45kB)
[img] Text
8 BAB V.docx

Download (19kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA FIX.docx

Download (20kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh penerapan strategi movie learning terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran penerapan strategi movie learning pada pembelajaran IPA? (2) Bagaimanakah gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA? (3) Apakah terdapat pengaruh penerapan strategi movie learning terhadap motivasi belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan strategi movie learning pada pembelajaran IPA. (2) Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi movie learning terhadap motivasi belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre experiment dengan tahap pretest, treatment, dan posttest. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup strategi movie learning dan variabel terikat mencakup motivasi belajar IPA. Adapun populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan jumlah siswa 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran diamati menggunakan lembar implementasi proses pembelajaran untuk pelaksanaan strategi pembelajaran film, hasil menunjukkan kemajuan dalam setiap pertemuan dan dikategorikan sangat efektif. (2) motivasi belajar siswa berbeda sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Perbedaanya dapat dilihat hal hasil pretest dan posttest telah meningkat. (3) Terdapat pengaruh penerapan strategi movie learning terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:17
Last Modified: 13 Jun 2023 07:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29877

Actions (login required)

View Item View Item