PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN PANNYIKKOKANG II MAKASSAR.

Anita Albar. (2023) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN PANNYIKKOKANG II MAKASSAR.

[img] Text
1. Halaman Sampul.docx

Download (35kB)
[img] Text
3. Persetujuan Pembimbing.docx

Download (30kB)
[img] Text
4. Pengesahan Ujian Skripsi.docx

Download (30kB)
[img] Text
6. Moto.docx

Download (26kB)
[img] Text
5. Pernyataan Keaslian Skripsi.doc

Download (32kB)
[img] Text
7. Abstrak.docx

Download (26kB)
[img] Text
8. Prakata.docx

Download (29kB)
[img] Text
9. Daftar Isi.docx

Download (27kB)
[img] Text
10. Daftar Tabel.docx

Download (26kB)
[img] Text
12. Daftar Lampiran.docx

Download (28kB)
[img] Text
13. BAB I.docx

Download (55kB)
[img] Text
14. BAB II.docx

Download (69kB)
[img] Text
15. BAB III.docx

Download (60kB)
[img] Text
18. Lampiran-Lampiran.docx

Download (2MB)
[img] Text
20. Riwayat Hidup.docx

Download (82kB)

Abstract

Anita Albar. 2018. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Pannyikkokang II Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B., M.Kes dan Dra. Sitti Habibah, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Pannyikkokang II Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Pannyikkokang II Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Pannyikkokang II Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian terdiri dari penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan hasil belajar IPA. Setting penelitian bertempat di SDN Pannyikkokang II Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari 1 orang guru dan siswa kelas V SDN Pannyikkokang II Makassar dengan jumlah siswa 20 orang terdiri dari 9 siswa laki – laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas mengajar guru dan belajar siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) pada siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Aktivitas guru pada siklus I dari pertemuan pertama dan kedua kategori kurang (K), dan pertemuan ketiga menjadi kategori cukup (C) dan pada siklus II dari pertemuan pertama kategori cukup (C), pertemuan kedua kategori baik (B) dan pertemuan ketiga menjadi kategori sangat baik (SB). Aktivitas siswa pada siklus I dari pertemuan pertama dan kedua kategori kurang (K) dan pada pertemuan ketiga menjadi kategori cukup (C) dan siklus II pertemuan pertama kategori cukup (C), pertemuan kedua kategori baik (B) dan pertemuan ketiga menjadi kategori sangat baik (SB). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Pannyikkokang II Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:26
Last Modified: 13 Jun 2023 06:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29858

Actions (login required)

View Item View Item