Anita Albar. (2023) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN PANNYIKKOKANG II MAKASSAR.
Text
1. Halaman Sampul.docx Download (35kB) |
|
Text
3. Persetujuan Pembimbing.docx Download (30kB) |
|
Text
4. Pengesahan Ujian Skripsi.docx Download (30kB) |
|
Text
6. Moto.docx Download (26kB) |
|
Text
5. Pernyataan Keaslian Skripsi.doc Download (32kB) |
|
Text
7. Abstrak.docx Download (26kB) |
|
Text
8. Prakata.docx Download (29kB) |
|
Text
9. Daftar Isi.docx Download (27kB) |
|
Text
10. Daftar Tabel.docx Download (26kB) |
|
Text
12. Daftar Lampiran.docx Download (28kB) |
|
Text
13. BAB I.docx Download (55kB) |
|
Text
14. BAB II.docx Download (69kB) |
|
Text
15. BAB III.docx Download (60kB) |
|
Text
18. Lampiran-Lampiran.docx Download (2MB) |
|
Text
20. Riwayat Hidup.docx Download (82kB) |
Abstract
Anita Albar. 2018. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Pannyikkokang II Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B., M.Kes dan Dra. Sitti Habibah, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Pannyikkokang II Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Pannyikkokang II Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Pannyikkokang II Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian terdiri dari penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan hasil belajar IPA. Setting penelitian bertempat di SDN Pannyikkokang II Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari 1 orang guru dan siswa kelas V SDN Pannyikkokang II Makassar dengan jumlah siswa 20 orang terdiri dari 9 siswa laki – laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas mengajar guru dan belajar siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) pada siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Aktivitas guru pada siklus I dari pertemuan pertama dan kedua kategori kurang (K), dan pertemuan ketiga menjadi kategori cukup (C) dan pada siklus II dari pertemuan pertama kategori cukup (C), pertemuan kedua kategori baik (B) dan pertemuan ketiga menjadi kategori sangat baik (SB). Aktivitas siswa pada siklus I dari pertemuan pertama dan kedua kategori kurang (K) dan pada pertemuan ketiga menjadi kategori cukup (C) dan siklus II pertemuan pertama kategori cukup (C), pertemuan kedua kategori baik (B) dan pertemuan ketiga menjadi kategori sangat baik (SB). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Pannyikkokang II Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 06:26 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 06:33 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29858 |
Actions (login required)
View Item |