NURHAJRIANI (2023) PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 016 TANDUNG KECAMATAN TINAMBUNG KABUPATEN POLEWALI MANDAR.
Text
1. Sampul.docx Download (20kB) |
|
Text
2. sampul 2.docx Download (45kB) |
|
Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (42kB) |
|
Text
4. halaman judul.docx Download (21kB) |
|
Text
5. Bab 1-5.docx Download (94kB) |
|
Text
20.observasi mengajar guru 3.docx Download (29kB) |
|
Text
11.observasi mengajar guru 2 lampiran.docx Download (29kB) |
|
Text
12.observasi belajar siswa 1.docx Download (28kB) |
|
Text
13.observasi belajar siswa 2.docx Download (28kB) |
|
Text
27. DOKUMENTASI.docx Download (22MB) |
|
Text
28.Riwayat Hidup.docx Download (64kB) |
Abstract
NURHAJRIANI, 2016. Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 016 Tandung Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Dalam hal ini dibimbing oleh Muhammad Irfan,S.Pd.M.Pd dan Drs. Usman Bafadal,M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 016 Tandung Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 016 Tandung Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 016 Tandung Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Fokus penelitian ini yaitu penerapan metode inkuiri dan hasil belajar IPA pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kualitas pembelajaran, baik pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa maupun hasil belajar siswa. Hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I masih berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang berada pada kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan metode inkuiri. Hasil tes siklus I nilai rata-rata belum memenuhi KKM yang telah ditentukan, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang dimana nilai rata-rata telah memenuhi KKM yang telah ditentukan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 016 Tandung Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 03:26 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 03:26 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29609 |
Actions (login required)
View Item |