PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 007 SABANG SUBIK KECAMATAN BALANIPA KABUPATEN POLEWALI MANDAR

NUR FAJRIANI IRHAM (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 007 SABANG SUBIK KECAMATAN BALANIPA KABUPATEN POLEWALI MANDAR.

[img] Text
1 Sampul.docx

Download (34kB)
[img] Text
2 Hal. Judul.docx

Download (37kB)
[img] Image
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.jpg

Download (865kB)
[img] Image
4. PENGESAHAN UJIAM SKRIPSI.jpg

Download (627kB)
[img] Text
5 Pernyataan Keaslian.docx

Download (14kB)
[img] Text
6 Moto.docx

Download (15kB)
[img] Text
7 Abstrak.docx

Download (16kB)
[img] Text
8 Prakata.docx

Download (22kB)
[img] Text
9 Daftar isi, tabel dan Lampiran.docx

Download (23kB)
[img] Text
10 BAB I.docx

Download (36kB)
[img] Text
11 BAB II.docx

Download (45kB)
[img] Text
12 BAB III.docx

Download (35kB)
[img] Text
13 BAB IV.docx

Download (61kB)
[img] Text
14 BAB V.docx

Download (19kB)
[img] Text
15 Daftar Pustaka.docx

Download (20kB)
[img] Text
16 Lampiran.docx

Download (10kB)
[img] Text
20 Riwayat Hidup.docx

Download (45kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 007 Sabang Subik Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 007 Sabang Subik Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 007 Sabang Subik Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. setiap siklus melalui 4 tahap, yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 20 siswa yang terdiri 10 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan dan seorang guru. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai guru dan guru kelas IV SD Negeri 007 Sabang Subik sebagai observer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas guru berada pada kategori cukup sedangkan siklus II berada pada kategori baik, aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup sedangkan siklus II berada pada kategori baik, dan hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori tidak tuntas kemudian pada siklus II berada pada kategori tuntas. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 007 Sabang Subik Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Jun 2023 06:31
Last Modified: 07 Jun 2023 06:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29572

Actions (login required)

View Item View Item