NUR FAJRIANI IRHAM (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 007 SABANG SUBIK KECAMATAN BALANIPA KABUPATEN POLEWALI MANDAR.
Text
1 Sampul.docx Download (34kB) |
|
Text
2 Hal. Judul.docx Download (37kB) |
|
Image
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.jpg Download (865kB) |
|
Image
4. PENGESAHAN UJIAM SKRIPSI.jpg Download (627kB) |
|
Text
5 Pernyataan Keaslian.docx Download (14kB) |
|
Text
6 Moto.docx Download (15kB) |
|
Text
7 Abstrak.docx Download (16kB) |
|
Text
8 Prakata.docx Download (22kB) |
|
Text
9 Daftar isi, tabel dan Lampiran.docx Download (23kB) |
|
Text
10 BAB I.docx Download (36kB) |
|
Text
11 BAB II.docx Download (45kB) |
|
Text
12 BAB III.docx Download (35kB) |
|
Text
13 BAB IV.docx Download (61kB) |
|
Text
14 BAB V.docx Download (19kB) |
|
Text
15 Daftar Pustaka.docx Download (20kB) |
|
Text
16 Lampiran.docx Download (10kB) |
|
Text
20 Riwayat Hidup.docx Download (45kB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 007 Sabang Subik Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 007 Sabang Subik Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 007 Sabang Subik Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. setiap siklus melalui 4 tahap, yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 20 siswa yang terdiri 10 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan dan seorang guru. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai guru dan guru kelas IV SD Negeri 007 Sabang Subik sebagai observer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas guru berada pada kategori cukup sedangkan siklus II berada pada kategori baik, aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup sedangkan siklus II berada pada kategori baik, dan hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori tidak tuntas kemudian pada siklus II berada pada kategori tuntas. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 007 Sabang Subik Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 06:31 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 06:31 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29572 |
Actions (login required)
View Item |