VERONIKA DETHAN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Pkn PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 183 GARANTA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.
Text
SAMPUL.docx Download (121kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (55kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (134kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
|
Text
DATA NILAI SIKLUS 2.docx Download (23kB) |
|
Text
lampiran niilai tes akir siklus perbandingan 1 dan 2.docx Download (19kB) |
|
Text
DOKUMENTASI KETERANGAN MENGABSEN.docx Download (484kB) |
Abstract
Veronika Dethan, 2016. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SDN 183 Garanta, Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Skripsi. di bimbing oleh Drs.Lutfi B, M Kes. dan Andi Dewi Riangtati,SPd ,M.Pd.Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn pada siswa Kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa Kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba? penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada Siswa Kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba.pendekatan yang di gunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK ) terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. sebagai subjek penelitian adalah Siswa Kelas V SD Negeri 183 Garanta. Teknik yang di gunakan untuk pengumpulan analisis data adalah observasi, tes dan dokumentasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw Kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa maupun hasil belajar siswa. hasil observasi aktivitas mengajar guru dan siswa pada siklus I masih berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil tes siklus I nilai rata-rata belum memenuhi KKM yang telah di tentukan berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II telah memenuhi KKM yang di tentukan berada pada kategori baik kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini maka dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa Kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 03:16 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 03:16 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29524 |
Actions (login required)
View Item |