PENGARUH ULAR TANGGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ST. HAJRAH (2023) PENGARUH ULAR TANGGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL DEPAN.docx

Download (51kB)
[img] Text
3. PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (53kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI & MOTO.docx

Download (17kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
6. PRAKATA & DAFTAR ISI.docx

Download (39kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL GAMBAR DAN LAMPIRAN.docx

Download (21kB)
[img] Text
8. ISI SKRIPSI BAB 1-5.docx

Download (412kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.docx

Download (12kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN 1-3.docx

Download (23kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN 13.docx

Download (19kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN 14.docx

Download (29kB)
[img] Text
25. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (36kB)

Abstract

St. Hajrah. 2016. Pengaruh Ular Tangga Terhadap Motivasi Belajar PKN Siswa Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. St. Nursiah. B, M.Pd dan Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Skripsi ini menelaah pengaruh ular tangga terhadap motivasi belajar PKN siswa Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah yang dikaji adalah adakah pengaruh ular tangga terhadap motivasi belajar PKN siswa Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh ular tangga terhadap motivasi belajar PKN siswa Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu ular tangga dan variabel terikat adalah motivasi belajar PKN. Populasi dalam penelitian ini adalah 59 orang sebagai populasi terjangkau dan jumlah sampel dari penelitian ini yaitu 40 orang siswa yang terdiri atas 8 orang kelas eksperimen, 8 orang kelas kontrol, dan 8 orang untuk uji coba. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk uji hipotesis dengan menggunakan statistik Non Parametrik Mann Whitney. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial Mann Whitney yang diuji secara manual dapat dilihat bahwa ada pengaruh signifikan ular tangga terhadap motivasi belajar PKN Siswa Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 May 2023 05:48
Last Modified: 30 May 2023 05:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29322

Actions (login required)

View Item View Item