ST. HAJRAH (2023) PENGARUH ULAR TANGGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
1. SAMPUL DEPAN.docx Download (51kB) |
|
Text
3. PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx Download (53kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI & MOTO.docx Download (17kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
Text
6. PRAKATA & DAFTAR ISI.docx Download (39kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL GAMBAR DAN LAMPIRAN.docx Download (21kB) |
|
Text
8. ISI SKRIPSI BAB 1-5.docx Download (412kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.docx Download (24kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.docx Download (12kB) |
|
Text
11. LAMPIRAN 1-3.docx Download (23kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN 13.docx Download (19kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN 14.docx Download (29kB) |
|
Text
25. RIWAYAT HIDUP.docx Download (36kB) |
Abstract
St. Hajrah. 2016. Pengaruh Ular Tangga Terhadap Motivasi Belajar PKN Siswa Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. St. Nursiah. B, M.Pd dan Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Skripsi ini menelaah pengaruh ular tangga terhadap motivasi belajar PKN siswa Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah yang dikaji adalah adakah pengaruh ular tangga terhadap motivasi belajar PKN siswa Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh ular tangga terhadap motivasi belajar PKN siswa Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu ular tangga dan variabel terikat adalah motivasi belajar PKN. Populasi dalam penelitian ini adalah 59 orang sebagai populasi terjangkau dan jumlah sampel dari penelitian ini yaitu 40 orang siswa yang terdiri atas 8 orang kelas eksperimen, 8 orang kelas kontrol, dan 8 orang untuk uji coba. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk uji hipotesis dengan menggunakan statistik Non Parametrik Mann Whitney. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial Mann Whitney yang diuji secara manual dapat dilihat bahwa ada pengaruh signifikan ular tangga terhadap motivasi belajar PKN Siswa Kelas IV SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 30 May 2023 05:48 |
Last Modified: | 30 May 2023 05:48 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29322 |
Actions (login required)
View Item |