PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 37 BULU – BULU KECAMATAN PANGKAJENE KABUPATEN PANGKEP

KHAIRUNNISA (2023) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 37 BULU – BULU KECAMATAN PANGKAJENE KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
SAMPUL FIX.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB V & LAMPIRAN.docx

Download (2MB)
[img] Text
SIKLUS 2 PERT 1.docx

Download (48kB)
[img] Text
SIKLUS 2 PERT 2.docx

Download (85kB)

Abstract

KHAIRUNNISA. 2016. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 37 Bulu – Bulu Kecematan Pangakjene Kabupaten Pangkep. Skripsi. Dibimbing oleh Khaerunnisa,S.Pd.I.,MA dan Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd, pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 37 Bulu – Bulu Kecematan Pangakjene Kabupaten Pangkep. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 37 Bulu – Bulu Kecematan Pangakjene Kabupaten Pangkep? yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 37 Bulu – Bulu Kecematan Pangakjene Kabupaten Pangkep. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alur kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada tiap-tiap siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 37 Bulu – Bulu Kecematan Pangakjene Kabupaten Pangkep dengan jumlah siswa 36 orang. Fokus penelitian adalah penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV. Pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II. Dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang menjadi kategori baik pada siklus II. Pningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Pada siklus I belum berhasil mencapai ketuntasan klasikal yang ditentukan dan berada pada kategori kurang. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, hal itu terlihat dari ketuntasan belajar klasikal yang ditentukan yaitu berada pada kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 37 Bulu – Bulu Kecematan Pangakjene Kabupaten Pangkep.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 May 2023 05:34
Last Modified: 30 May 2023 05:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29321

Actions (login required)

View Item View Item