PENERAPAN MEDIA PERMAINAN KARTU DOMINO MATEMATIKA (DOMAT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD INPRES 40 BARANG KEC.PUJANANTING KAB. BARRU

RESKY ROSTIKA S (2023) PENERAPAN MEDIA PERMAINAN KARTU DOMINO MATEMATIKA (DOMAT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD INPRES 40 BARANG KEC.PUJANANTING KAB. BARRU.

[img] Text
sampul.docx

Download (37kB)
[img] Text
Awal.docx

Download (47kB)
[img] Text
Isi.docx

Download (84kB)
[img] Text
Tutup.docx

Download (71kB)
[img] Text
Nilai.docx

Download (19kB)
[img] Text
foto.docx

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.docx

Download (21kB)

Abstract

RESKY ROSTIKA.S 2016, Penerapan media permainan kartu domino matematika (DOMAT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Inpres 40 barang Kec.Pujananting Kab.Barru. Skripsi, Dibimbing oleh Drs. Latri Aras, S.Pd, M.Pd dan Dra.Nurhaedah, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan media permainan kartu domino matematika (DOMAT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Inpres 40 Barang Kec.Pujananting Kab.Barru. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan media permainan kartu domino matematika (DOMAT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Inpres 40 barang Kec.Pujananting Kab.Barru. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah media permainan kartu domino matematika (DOMAT) dan hasil belajar siswa. Setting penelitian adalah SD Inpres 40 Barang Kec.Pujananting Kab.Barru dan Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang jumlah siswa 9 terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi, Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif dan deskritip. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I yang berada pada kategori sangat rendah dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat di simpulkan bahwa penerapan media permainan kartu domino matematika (DOMAT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 40 Barang Kec.Pujananting Kab.Barru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 May 2023 05:26
Last Modified: 30 May 2023 05:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29320

Actions (login required)

View Item View Item