DEBID JUARI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 183 GARANTA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.
Text
Sampul.docx Download (45kB) |
|
Text
Motto.docx Download (19kB) |
|
Text
Debyd Abstrak.docx Download (20kB) |
|
Text
PRAKATA.docx Download (22kB) |
|
Text
Daftar Isi.docx Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.docx Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR BAGAN.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (21kB) |
|
Text
Debyd Skripsi.docx Download (175kB) |
|
Text
Rpp Siklus I Pert I Baru.docx Download (573kB) |
|
Text
Rpp Siklus I Pert II baru.docx Download (578kB) |
|
Text
RPP Siklus II Pert I.docx Download (577kB) |
|
Text
Rpp Siklus II pert II Baru.docx Download (579kB) |
|
Text
Dokumentasi siswa.docx Download (1MB) |
|
Text
Debyd Riwayat Hidup.docx Download (159kB) |
Abstract
Debid Juari, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing Oleh Drs.Lutfi B.,M.kes Dan Andi Dewi Riang Tati.,S.Pd.,M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 183 Garanta. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Problem Besed Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung loe Kabupaten Bulukumba melalui penerapan model problem based learning. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning dan peningkatan hasil belajar IPA. Setting penelitian bertempat di SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba dengan subjek penelitian yang terdiri dari peneliti sebagai guru kelas V dengan jumlah siswa kelas V sebanyak 27 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan tahap mereduksi data,menyajikan data,menarik kesimpulan dan verfikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siklus I kegiatan mengajar guru dikategori cukup,kegiatan belajar siswa dikategorikan cukup dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikategorikan cukup sehingga belum mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu kegiatan mengajar guru menjadi kategori baik, kegiatan belajar siswa menjadi kategori baik, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA menjadi kategori baik serta telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 29 May 2023 05:33 |
Last Modified: | 29 May 2023 05:33 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29255 |
Actions (login required)
View Item |