PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VA SD NEGERI GUNUNGSARI 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

NURUL WAHYUNI AMANSYAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VA SD NEGERI GUNUNGSARI 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI 1 OK!!!.docx

Download (25kB)
[img] Text
SAMPUL SKRIPSI 2 OK!!!.docx

Download (89kB)
[img] Text
Surat Penelitian.docx

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)
[img] Text
Dokumentasi.docx

Download (977kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA OK!!!.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP OK!!!.docx

Download (50kB)

Abstract

Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah belum optimalnya penggunaan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VA SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VA SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VA SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dalam bentuk siklus dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA sebanyak 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki pada tahun pelajaran 2015/2016 semester genap dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus I menunjukkan kategori cukup (C) sedangkan siklus II meningkat menjadi kategori baik (B). Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik (B). Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dari kategori cukup (C) pada siklus I menjadi kategori baik (B) pada siklus II. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VA SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 May 2023 07:23
Last Modified: 24 May 2023 07:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29116

Actions (login required)

View Item View Item