PENGGUNAAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAKELAS V SD INPRES JONGAYA 2 KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR

SUTRAWATI (2023) PENGGUNAAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAKELAS V SD INPRES JONGAYA 2 KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (38kB)
[img] Text
sampul dan teman-temanya.docx

Download (87kB)
[img] Text
persetujuan pembimbing.docx

Download (35kB)
[img] Text
lampira asli.docx

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.docx

Download (31kB)
[img] Text
Bab II.docx

Download (39kB)
[img] Text
bab 3 hal 23.docx

Download (17kB)
[img] Text
bab 4.docx

Download (61kB)
[img] Text
DAFTARPUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
riwayat hidup.docx

Download (76kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Jongaya 2 Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan metode inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Jongaya 2 Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penggunaan metode inkuiri pada siswa kelas V SD Inpres Jongaya 2 Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah satu orang guru dan seluruh siswa kelas V SD Inpres Jongaya 2 Kecamatan Tamalate Kota Makassar yang berjumlah 21 dengan rincian 8 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode inkuiri meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningktana hasil belajar. Aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan megalami peningkatan pada siklus II berada pada kategori baik dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan megalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik. Sedangkan nilai hasil belajarIPA siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Sehingga dapat di simpulkan melalui penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Jongaya 2 Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 May 2023 06:58
Last Modified: 24 May 2023 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29113

Actions (login required)

View Item View Item