PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI MANNURUKI KOTA MAKASSAR

KURMIATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI MANNURUKI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
BAGIAN AWAL.rtf

Download (2MB)
[img] Text
bab 1.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (63kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (62kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Round Club dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Mannuruki Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Round Club dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Mannuruki Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, dimana tiap siklus terdiri atas dua pertemuan, dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapaun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Round Club dan peningkatan hasil belajar matematika. Setting penelitian bertempat di SD Negeri Mannuruki Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru dan siswa kelas V yang berjumlah 38 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Round Club meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar matemaika siswa dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Round Club dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Mannuruki Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 May 2023 06:42
Last Modified: 24 May 2023 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29108

Actions (login required)

View Item View Item