JUMARLIANA (2023) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI GUNUNG SARI 1 KECEMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
SAMPUL DEPAN.docx Download (52kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (28kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (92kB) |
|
Text
HALAMAN JUDUL DLL.docx Download (42kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (30kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (44kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (28kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (52kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.docx Download (2MB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (92kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (27kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah metode pembelajaran yang digunakan sebelumnya kurang sesuai dengan karakteristik tujuan pembelajaran sehingga keterampilan menulis karangan narasi rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV B SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Mind Mapping dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas 1V B SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode Mind Mapping dan keterampilan menulis karangan narasi. Subjek penelitian ini adalah 1 guru kelas IV B SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan 23 orang siswa. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai pengajar dan guru bertindak sebagai observer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui penerepan metode Mind Mapping yaitu pada siklus I nilai keterampilan menulis karangan narasi siswa berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II nilai keterampilan menulis karangan narasi mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik (B). sementara, hasil observasi guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV B SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 May 2023 06:26 |
Last Modified: | 24 May 2023 06:26 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29105 |
Actions (login required)
View Item |