INTANG CAHYANI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MURID KELAS V SDN 32 ULU BATU KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP.
Text
1. SAMPUL 1.docx Download (33kB) |
|
Text
2. SAMPUL 2.docx Download (32kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (21kB) |
|
Text
5. MOTTO.docx Download (18kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
Text
7. PRAKATA.docx Download (21kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (38kB) |
|
Text
BAB 2.docx Download (73kB) |
|
Text
BAB 3.docx Download (46kB) |
|
Text
BAB 4.docx Download (62kB) |
|
Text
BAB 5.docx Download (35kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (32kB) |
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar IPA murid kelas V SDN 32 Ulu Batu Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar IPA murid kelas V SDN 32 Ulu Batu Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep.. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni : (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Fokus dalam penelitian ini adalah penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA dengan subjek penelitian adalah guru dan murid kelas V SDN 32 Ulu Batu Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep yang berjumlah 20 murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keaktifan belajar murid serta hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA pada materi sifat- sifat cahaya yang dilihat dari hasil observasi aktivitas mengajar guru pada silkus I masuk kategori cukup dan terjadi perbaikan pada siklus II yaitu kategori baik. Aktivitas belajar murid pada siklus I masuk kategori cukup dan pada siklus II pada kategori baik. Dan tes hasil belajar yang diberikan dimana nilai rata- rata murid pada siklus I masuk pada kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata- rata murid termasuk dalam kategori baik. Kesimpulan hasil penelitian yaitu penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajar IPA kelas V SDN 32 Ulu Batu Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 23 May 2023 07:39 |
Last Modified: | 23 May 2023 07:39 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29084 |
Actions (login required)
View Item |