PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI MALEWANG KOTA MAKASSAR

IIN ANRIYANTI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI MALEWANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL FIX.docx

Download (85kB)
[img] Text
13. PERSURATAN & HASIL BELAJAR.docx

Download (4MB)
[img] Text
1. BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
2. BAB II.docx

Download (33kB)
[img] Text
3. BAB III.docx

Download (31kB)
[img] Text
4. BAB IV.docx

Download (51kB)
[img] Text
5. BAB V.docx

Download (16kB)
[img] Text
12. DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
14. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (111kB)

Abstract

Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Malewang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Malewang Kota Makassar? yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Malewang Kota Makassar. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alur kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada tiap-tiap siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Malewang Kota Makassar dengan jumlah siswa 32 orang. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes,observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada setiap siklusnya yang dapat dilihat pada aktivitas guru dan siswa, aktivitas guru pada siklus I dikategorikan cukup sedangkan siklus II telah dikategorikan baik, aktivitas siswa pada siklus I dikategorikan baik tetapi belum maksimal sedangkan siklus II telah dikategorikan baik dan maksimal. Selain itu, peningkatan hasil belajar terlihat pada meningkatnya nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II, ketuntasan secara klasikal telah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Hasil belajar siswa pada siklus I telah dikategorikan kurang sedangkan pada siklus II dikategorikan baik dan ketuntasan minimal siswa sudah tercapai. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Malewang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 07:11
Last Modified: 23 May 2023 07:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29078

Actions (login required)

View Item View Item