PENGGUNAAN MEDIA FLANELGRAPH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLB JENETALLASA

RISKA AZIS (2023) PENGGUNAAN MEDIA FLANELGRAPH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR V DI SLB JENETALLASA.

[img] Text
1 SAMPUL.docx

Download (41kB)
[img] Text
2 JUDUL SKRIPSI.docx

Download (44kB)
[img] Text
3 PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.docx

Download (341kB)
[img] Text
4 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (29kB)
[img] Text
5 DAFTAR ISI.docx

Download (28kB)
[img] Text
6 BAB 1.docx

Download (23kB)
[img] Text
7 BAB 2.docx

Download (1MB)
[img] Text
8 BAB 3.docx

Download (31kB)
[img] Text
11 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
13 INSTRUMEN.docx

Download (17kB)
[img] Text
15 PERANGKAT PEMBELAJARAN.docx

Download (16kB)
[img] Text
16 DATA HASIL KEMAMPUAN.docx

Download (48kB)
[img] Text
17 DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
19 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (50kB)

Abstract

RISKA AZIS 2018, Penggunaan Media Flanelgraph dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar V di SLB Jenetallasa. Skripsi dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abdul Hadis, M.Pd dan Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar IPA khususnya dalam mengenal tempat hidup hewan murid tunagrahita ringan di SLB Jenetallasa . Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimanakah peningkatkan kemampuan mengenal tempat hidup hewan menggunakan media flanelgraph pada murid tunagrahita ringan Kelas Dasar V di SLB Jenetallasa pada analisis dalam kondisi? Dan bagaimanakah peningkatkan kemampuan mengenal tempat hidup hewan menggunakan media flanelgraph pada murid tunagrahita ringan Kelas Dasar V di SLB Jenetallasa pada analisis antar kondisi?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1)Kemampuan mengenal tempat hidup hewan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar V di SLB Jenetallasa pada kondisi baseline 1 (A1). (2)Kemampuan mengenal tempat hidup hewan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar V di SLB Jenetallasa pada kondisi intervensi (B). (3)Kemampuan mengenal tempat hidup hewan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar V di SLB Jenetallasa pada kondisi baseline 2 (A2). (4)Kemampuan mengenal tempat hidup hewan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar V di SLB Jenetallasa pada analisis antar kondisi baseline 1 (A1) dan intervensi (B). (5)Kemampuan mengenal tempat hidup hewan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar V di SLB Jenetallasa pada analisis antar kondisi intervensi (B) dan baseline 2 (A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang anak tunagrahita ringan kelas dasar V SLB Jenetallasa berinisial AFH Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dengan menggunakan media flanelgraph diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mengenal tempat hidu hewan pada murid tunagrahita ringan. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media flanelgraph dapat meningkatkan hasil belajar IPA khususnya dalam mengenal tempat hidu hewan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar V di SLB Jenetallasa. Kata Kunci: kemampuan mengenal tempat hidup hewan, flanelgraph, tunagtahita ringan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:05
Last Modified: 06 Feb 2023 01:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27038

Actions (login required)

View Item View Item