MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL DI KELOMPOK B1 TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 2 PAROPO KOTA MAKASSAR

Nur Indah Sari. (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL DI KELOMPOK B1 TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 2 PAROPO KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (24kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (28kB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (12kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (12kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (84kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (72kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (51kB)
[img] Text
FOTO.docx

Download (571kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (59kB)

Abstract

Nur Indah Sari. 2018. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Media Papan Flanel Pada Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Aisyiyah II Paropo Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Syamsuardi, S.Pd M.Pd. dan Hajerah, S.Pd.I, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan media papan flannel pada kelompok B1 Taman Kanak-kanak Aisyiyah II Paropo Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media papan flanel kata pada kelompok B1 Taman Kanak-kanak. Tujuan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu berusaha mengkaji dan merefleksikan secara mendalam kemampuan membaca permulaan pada anak melalui kegiatan bermain kartu kata dalam proses belajar mengajar di Taman Kanak-kanak. Subjek penelitian adalah 15 anak pada kelompok B dengan guru sebanyak 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak melalui kegiatan bermain kartu kata di Taman Kanak-kanak Aisyiyah II Paropo Kota Makassar. Hal ini menunjukkan bahwa nilai kemampuan anak mengalami perkembangan di mana anak telah mampu menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya serta anak mampu membaca nama sendiri dengan lengkap.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Feb 2023 01:28
Last Modified: 02 Feb 2023 01:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26965

Actions (login required)

View Item View Item