MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI TAMAN KANAK KANAK NURUL MUJAHIDAH KABUPATEN GOWA

NURHAYATI (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI TAMAN KANAK KANAK NURUL MUJAHIDAH KABUPATEN GOWA.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (47kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.docx

Download (55kB)
[img] Text
4. MOTTO.docx

Download (15kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN LAPORAN TINDAKAN PEMBELAJARAN.docx

Download (16kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.docx

Download (24kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.docx

Download (22kB)
[img] Text
7. BAB I PENDAHULUAN.docx

Download (24kB)
[img] Text
8. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.docx

Download (29kB)
[img] Text
9. BAB III METODE PENELITIAN.docx

Download (28kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
13. RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (39kB)
[img] Text
16. HASIL OBSERVASI KEMAMPUN BAHASA EKSPRESIF ANAK.docx

Download (28kB)
[img] Text
17. DOKUMENTASI.docx

Download (2MB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (48kB)

Abstract

NURHAYATI, 2016. Meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode bercerita di Taman Kanak-kanak Nurul Mujahidah Kabupaten Gowa. Laporan Pengembangan Pembelajaran dibimbing oleh Bapak Herman , S. Pd,. M. Pd dan Ibu Azizah Amal, S.S,. M. Pd . Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Permasalah diajukan dalam lapaoran ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metodei bercerita pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Nurul Mujahiah Kabupaten Gowa. Adapun tujuan laporan ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode bercerita untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak, dengan menambah perbendaharaan kosakata, mengucapkan kata-kata, melatih merangkai kalimat yang sesuai dengan tahap perkembangannya. Metode bercerita dipilih penulis karena metode bercerita memiliki keutamaan antara lain mengkomunikasikan nilai-nilai budaya, mengkomunikasikan nilai-nilai sosial, mengkomunikasikan nilai-nilai agama, membantu mengembangkan fantasi anak, membantu mengembangkan kognitif anak dan membantu mengembangkan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak pada Taman Kanak-kanak Nurul Mujahidah Kabupaten Gowa. Diharapkan kemampuan bahasa ekspresif anak dapat berkembang dengan baik/ cepat sesuai usia anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action Reseach) yang bertujuan untuk mendiskripsikan proses pelaksanaan penerapan metode bercerita untuk meningkatkan bahasa ekspresif anak pada Taman Kanak-kanak Nurul Mujahidah Kabupaten Gowa, untuk mendeskripsikan keefektifan metode bercerita untuk meningkatkan bahasa ekspresif anak. Peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian PTK ini dilakukan dalam 5 pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa ekspresif anak dapat ditingkatkan melalui metode bercerita di Taman Kanak-kanak Nurul Mujahidah Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jan 2023 01:57
Last Modified: 20 Jan 2023 01:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26685

Actions (login required)

View Item View Item