PENGGUNAAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUKMENGEMBANGKANKEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK KELOMPOK ADI TK ISLAM AL MARKAZ AL ISLAMI MAKASSAR

SALMAH (2023) PENGGUNAAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUKMENGEMBANGKANKEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK KELOMPOK ADI TK ISLAM AL MARKAZ AL ISLAMI MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (54kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (33kB)
[img] Text
4. Bab I - Bab V dan Skenario.docx

Download (87kB)
[img] Text
6. Hasil observasi Guru.docx

Download (35kB)
[img] Text
7. Hasil Observasi Anak.docx

Download (29kB)
[img] Text
8. Dokumentasi Foto Anak A 1.docx

Download (1MB)
[img] Text
9. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (37kB)

Abstract

Salmah, 2016. “ Penggunaan Permainan Tradisional untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Kelompok A di TK Islam Al Markaz Al Islami Makassar. Skripsi di bimbing oleh Azizah Amal, S.S, M.Pd., dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. pada Program Studi Pendidik an Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Dalam penelitian ini menelaah penggunaan permainan tradisional untuk pengembangan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Islam Al Markaz Al Islami. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu bagaimanakah penggunaan permainan tradisional untuk pengembangan kemampuan motorik kasar pada anak ? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain deskriptif focus penelitian ini adalah untuk pengembangan motorik kasar anak. Indikatornya anak didik dapat melakukan gerakan tubuh secara koordinasi untuk melatih kelenturan / keseimbangan. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak didik Kelompok A Taman Kanak-kanak Islam Al Markaz Al Islami, yang berjumlah 15 orang, yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan.instrumen yang digunakan adalah format observasi dan dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitian yaitu adanya peningkatan aktifitas anak didik dalam permainan tradisional dende-dende, bakiak, dan egrang di Taman Kanak-kanak Islam Al Markaz Al Islami.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:22
Last Modified: 19 Jan 2023 02:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26647

Actions (login required)

View Item View Item