PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA DOMINO MATEMATIKA GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANBERHITUNG PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK BUQ’ATUN MUBARAKAH KOTA MAKASSAR

S U H A D A (2023) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA DOMINO MATEMATIKA GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANBERHITUNG PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK BUQ’ATUN MUBARAKAH KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Judul.docx

Download (39kB)
[img] Text
2. Pengesahan.docx

Download (30kB)
[img] Text
3. Lampiran Depan.docx

Download (57kB)
[img] Text
4. Bab 1.docx

Download (53kB)
[img] Text
4. Bab 2.docx

Download (57kB)
[img] Text
4. Bab 3.docx

Download (52kB)
[img] Text
4. Bab 4.docx

Download (70kB)
[img] Text
4. Bab 5.docx

Download (53kB)
[img] Text
5. Instrumen.docx

Download (25kB)
[img] Text
8. Foto.docx

Download (3MB)
[img] Text
10. Daftar Riwayat Hidup.docx

Download (50kB)

Abstract

SUHADA, 2016. ”Pengembangan Pembelajaran Dengan Media Domino Matematika Games untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak di Taman Kanak-Kanak Buq’atun Mubarakah Kota Makassar”. Skripsi Pengembangan Pembelajaran dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Ibu Hajerah, S.Pd.I, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Pembelajaran Dengan Media Domika Games Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak di Taman Kanak-Kanak Buq’atun Mubarakah Kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian yang dianalisis secara kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anak Taman Kanak-kanak Buq’atun Mubarakah Kelompok B dengan 10 orang anak sebagai sample yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan kegiatan bermain menggunakan media domika, kemampuan berhitung anak semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan pada pertemuan pertama sampai pertemuan kelima dimana pada pertemuan pertama diperoleh gambaran bahwa dilihat pada kondisi awal anak-anak masih memiliki kemampuan berhitung yang rendah, sebagian besar anak masih mengalami kesulitan pada saat kegiatan berhitung penjumlahan dan pengurangan bahkan masih ada beberapa anak yang masih memerlukan bimbingan guru dalam menyebutkan lambang bilangan 1-10 dan menyebutkan hasil penjumlahan serta menyebutkan hasil pengurangan. Hasil dari pengamatan yang dilakukan pada pertemuan kelima menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil pembelajaran yang sesuai dengan target pencapaian dimana terdapat 10 orang atau keseluruhan anak yang telah mampu berhitung 1-10. Sementara dalam aspek penjumlahan dan pengurangan terdapat 8 orang anak didik yang telah mampu berhitung penjumlahan dan pengurangan dengan tepat dan 2 anak yang telah mampu merespon arahan dari guru dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan. Peningkatan kemampuan berhitung anak melalui media permainan domika di Taman Kanak-Kanak Buq’atun Mubarakah Kota Makassar merupakan hasil pengembangan pembelajaran selama 5 kali pertemuan dengan kegiatan bermain domino.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Jan 2023 06:04
Last Modified: 11 Jan 2023 06:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26506

Actions (login required)

View Item View Item