WAHYU EKA OKTARIA (2023) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN KONSTRUKTIF DI TAMAN KANAK-KANAK TERATAI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR KOTA MAKASSAR.
Text
SAMPUL.docx Download (26kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (38kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (38kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (15kB) |
|
Text
Lampiran 1-2.docx Download (24kB) |
|
Text
Lampiran 3-4.docx Download (24kB) |
|
Text
Lampiran 5-12.docx Download (66kB) |
|
Text
dokumentasi.docx Download (1MB) |
|
Text
daftar riwayat eka.docx Download (42kB) |
Abstract
Wahyu Eka Oktaria, 2014. Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Konstruktif Di Taman Kanak-kanak Teratai Universitas Negeri Makassar Kota Makassar, Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Dra. Hj. Bulkis Said, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan bermain konstruktif di Taman Kanak-kanak Teratai Universitas Negeri Makassar Kota Makassar. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan bermain konstruktif di Taman Kanak-kanak Teratai Universitas Negeri Makassar Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru kelas dan anak didik Kelompok B5 Taman Kanak-kanak Teratai dengan jumlah 15 anak. Pelaksanaan tindakan terdiri dari dua siklus, tiap siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data yang diperoleh dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif, sehingga data-data yang terungkap melalui observasi dan dokumentasi dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif gunanya mendeskripsikan hasil penelitian yang diperoleh dan dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistika deskriptif yaitu dengan skor rata-rata, persentase, nilai tertinggi dan nilai terendah yang dicapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan bermain konstruktif, maka kreativitas anak pada kelompok B5 Taman Kanak-kanak Teratai Universitas Negeri Makassar Kota Makassar mengalami peningkatan. Hal tersebut ditandai kreativitas anak dari siklus I ke siklus II, dimana pada siklus I pertemuan 1 dan pertemuan 2 berada pada kategori cukup disebabkan proses pelaksanaan kegiatan bermain konstruktif kurang optimal dilaksanakan oleh guru. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 dan pertemuan 2 mengalami peningkatan pada kreativitas anak didik berada pada kategori baik karena proses pelaksanaan kegiatan bermain konstruktif sudah mampu dilaksanakan dengan baik oleh guru. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan bermain konstruktif di Taman Kanak-kanak Teratai Universitas Negeri Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 03:49 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 03:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26403 |
Actions (login required)
View Item |