PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PGRI TEMMABARANG KECAMATAN PENRANG KABUPATEN WAJO

ANDI SRIYANTI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PGRI TEMMABARANG KECAMATAN PENRANG KABUPATEN WAJO.

[img] Text
SAMPUL ROSDINDAH ANTY menuju MEJA.docx

Download (24kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (70kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (15kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERUNTUKKAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
PRAKARTA.docx

Download (17kB)
[img] Text
daftar isi ant.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (16kB)
[img] Text
Skripsi ANTHY.docx

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx

Download (39kB)
[img] Text
Rekapitulasi Hasil Analisis Deskriptif Kualitatif Siklus I dan Siklus II.docx

Download (14kB)
[img] Text
HASIL OBSERVASI KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TAMAN KANAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (10kB)

Abstract

ANDI SRIYANTI, 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata di Taman Kanak-kanak PGRI Temmabarang Skripsi di bimbing oleh Dra. HJ.Sumartini,M.Pd dan Azizah Amal,S.S,M.Pd, Program Studi Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui media kartu kata di Taman Kanak-kanak PGRI Temmabarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui bermain kartu kata di Taman Kanak-kanak PGRI Temmabarang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu anak Taman kanak- kanak PGRI Temmabarang kelompok B yang berjumlah 10 orang anak dan 1 orang guru. Tindakan ini dilakukan secara bertahap, meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dimana tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes perlakuan. Kemudian dianalisis dengan empat komponen kegiatan yang terdiri dari : pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pengamatan pembelajaran dengan kegiatan membaca permulaan melalui media kartu kata diperoleh data bahwa hasil penelitian pertemuan I siklus I baru 3 anak yang dapat menyebutkan kata-kata yang mempunyai huruf awal yang sama karena media yang disiapkan guru kurang bervariasi dan guru kurang memotifasi anak dalam pembelajaran. Pada siklus II 9 anak dapat menyebutkan huruf awal yang sama karena guru telah menyiapkan media yang bervariasi dan memotifasi anak dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan dalam pembelajaran, baik dari aktivitas mengajar Guru maupun aktivitas belajar anak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-kanak PGRI Temmabarang Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Dec 2022 06:41
Last Modified: 14 Dec 2022 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26104

Actions (login required)

View Item View Item