ANDI SRIYANTI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PGRI TEMMABARANG KECAMATAN PENRANG KABUPATEN WAJO.
Text
SAMPUL ROSDINDAH ANTY menuju MEJA.docx Download (24kB) |
|
Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx Download (70kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (15kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERUNTUKKAN.docx Download (15kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (16kB) |
|
Text
PRAKARTA.docx Download (17kB) |
|
Text
daftar isi ant.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.docx Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.docx Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (16kB) |
|
Text
Skripsi ANTHY.docx Download (78kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
|
Text
RENCANA KEGIATAN HARIAN.docx Download (39kB) |
|
Text
Rekapitulasi Hasil Analisis Deskriptif Kualitatif Siklus I dan Siklus II.docx Download (14kB) |
|
Text
HASIL OBSERVASI KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TAMAN KANAK.docx Download (19kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (10kB) |
Abstract
ANDI SRIYANTI, 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata di Taman Kanak-kanak PGRI Temmabarang Skripsi di bimbing oleh Dra. HJ.Sumartini,M.Pd dan Azizah Amal,S.S,M.Pd, Program Studi Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui media kartu kata di Taman Kanak-kanak PGRI Temmabarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui bermain kartu kata di Taman Kanak-kanak PGRI Temmabarang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu anak Taman kanak- kanak PGRI Temmabarang kelompok B yang berjumlah 10 orang anak dan 1 orang guru. Tindakan ini dilakukan secara bertahap, meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dimana tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes perlakuan. Kemudian dianalisis dengan empat komponen kegiatan yang terdiri dari : pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pengamatan pembelajaran dengan kegiatan membaca permulaan melalui media kartu kata diperoleh data bahwa hasil penelitian pertemuan I siklus I baru 3 anak yang dapat menyebutkan kata-kata yang mempunyai huruf awal yang sama karena media yang disiapkan guru kurang bervariasi dan guru kurang memotifasi anak dalam pembelajaran. Pada siklus II 9 anak dapat menyebutkan huruf awal yang sama karena guru telah menyiapkan media yang bervariasi dan memotifasi anak dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan dalam pembelajaran, baik dari aktivitas mengajar Guru maupun aktivitas belajar anak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Taman Kanak-kanak PGRI Temmabarang Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 06:41 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 06:41 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26104 |
Actions (login required)
View Item |