SUKMA SUKARDI, (2022) Pengaruh Metode Bercerita Dengan Gambar Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak di Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar.
Text
1 HALAMAN JUDUL.docx Download (132kB) |
|
Text
2 PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (21kB) |
|
Text
3 PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx Download (21kB) |
|
Text
4 MOTTO.docx Download (12kB) |
|
Text
5 ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
6 PRAKATA.docx Download (15kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI.docx Download (15kB) |
|
Text
9 DAFTAR GAMBAR.docx Download (16kB) |
|
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (16kB) |
|
Text
11 BAB I SKRIPSI.docx Download (26kB) |
|
Text
12 BAB II SKRIPSI.docx Download (41kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.docx Download (23kB) |
|
Text
17 LAMPIRAN 1 KISI-KISI INSTRUMEN.docx Download (17kB) |
|
Text
18 LAMPIRAN 2 PEDOMAN OBSERVASI.docx Download (15kB) |
|
Text
19 LAMPIRAN 3 RUBRIK PENYEKORAN.docx Download (20kB) |
|
Text
20 LAMPIRAN 4 & 5 NILAI PRETEST & POSTTEST.docx Download (22kB) |
|
Text
23 LAMPIRAN 12 DOKUMENTASI KEGIATAN ANAK.docx Download (1MB) |
|
Text
24 RIWAYAT HIDUP.docx Download (31kB) |
Abstract
SUKMA SUKARDI, 2014. Skripsi. Pengaruh Metode Bercerita Dengan Gambar Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak di Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode bercerita dengan gambar berpengaruh terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode bercerita dengan gambar terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design untuk membandingkan kemampuan bahasa ekspresif anak sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran melalui metode bercerita dengan gambar. Populasi penelitian ini adalah 20 orang anak didik dan diambil sampel sebanyak 15 orang anak didik yang dilakukan dengan teknik porposive sampling yaitu sampel yang diambil memiliki karakteristik sfesifik tertentu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dengan mengamati dan mencatat hasil pengamatan saat pemberian tes sebelum dan setelah perlakuan. Prosedur penelitian dilakukan dengan dua tahap yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan statistic non parametric uji beda Wilcoxon. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai posttest bahasa ekspresif anak memiliki skor lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest. Dari data penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode bercerita dengan gambar terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 01:17 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 01:17 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25983 |
Actions (login required)
View Item |