Pengaruh Metode Bercerita Dengan Gambar Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak di Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar.

SUKMA SUKARDI, (2022) Pengaruh Metode Bercerita Dengan Gambar Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak di Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar.

[img] Text
1 HALAMAN JUDUL.docx

Download (132kB)
[img] Text
2 PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (21kB)
[img] Text
3 PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (21kB)
[img] Text
4 MOTTO.docx

Download (12kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
6 PRAKATA.docx

Download (15kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.docx

Download (15kB)
[img] Text
9 DAFTAR GAMBAR.docx

Download (16kB)
[img] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (16kB)
[img] Text
11 BAB I SKRIPSI.docx

Download (26kB)
[img] Text
12 BAB II SKRIPSI.docx

Download (41kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
[img] Text
17 LAMPIRAN 1 KISI-KISI INSTRUMEN.docx

Download (17kB)
[img] Text
18 LAMPIRAN 2 PEDOMAN OBSERVASI.docx

Download (15kB)
[img] Text
19 LAMPIRAN 3 RUBRIK PENYEKORAN.docx

Download (20kB)
[img] Text
20 LAMPIRAN 4 & 5 NILAI PRETEST & POSTTEST.docx

Download (22kB)
[img] Text
23 LAMPIRAN 12 DOKUMENTASI KEGIATAN ANAK.docx

Download (1MB)
[img] Text
24 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (31kB)

Abstract

SUKMA SUKARDI, 2014. Skripsi. Pengaruh Metode Bercerita Dengan Gambar Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak di Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode bercerita dengan gambar berpengaruh terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode bercerita dengan gambar terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design untuk membandingkan kemampuan bahasa ekspresif anak sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran melalui metode bercerita dengan gambar. Populasi penelitian ini adalah 20 orang anak didik dan diambil sampel sebanyak 15 orang anak didik yang dilakukan dengan teknik porposive sampling yaitu sampel yang diambil memiliki karakteristik sfesifik tertentu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dengan mengamati dan mencatat hasil pengamatan saat pemberian tes sebelum dan setelah perlakuan. Prosedur penelitian dilakukan dengan dua tahap yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan statistic non parametric uji beda Wilcoxon. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai posttest bahasa ekspresif anak memiliki skor lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest. Dari data penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode bercerita dengan gambar terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak di Taman Kanak-Kanak Andiya Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:17
Last Modified: 06 Dec 2022 01:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25983

Actions (login required)

View Item View Item