PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MOZAIK DI TAMAN KANAK-KANAK TERATAI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR KOTA MAKASSAR

MUTMAINNA HASAN T (2022) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MOZAIK DI TAMAN KANAK-KANAK TERATAI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (35kB)
[img] Text
Surat persetujuan.doc

Download (55kB)
[img] Text
PRAKATA (8).docx

Download (86kB)
[img] Text
BAB I, II, III INNA (7).docx

Download (82kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN INNA (5).docx

Download (37kB)
[img] Text
HASIL OBSRVASI GURU (3).docx

Download (38kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI ANAK kseluruhan siklus 1.rtf

Download (399kB)
[img] Text
RKH (2).docx

Download (46kB)
[img] Text
Dokumentasi inna (1).docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP inna.docx

Download (52kB)

Abstract

Mutmainna Hasan. T. 2014. Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Teratai UNM Kota Makassar. Skripsi. Di bimbing oleh Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd dan Muh. Akil Musi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini membahas Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mozaik pada anak didik kelompok B TK Teratai UNM Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan mozaik pada anak didik kelompok B TK Teratai UNM Kota Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan mozaik pada anak didik kelompok B TK Teratai UNM Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak TK Teratai UNM Kota Makassar kelompok B4 yang berjumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi dengan mengumpulkan data yang diperlukan. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dengan design penelitian terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan peningkatan kreativitas anak belum maksimal. Hal ini disebabkan langkah-langkah guru dalam melaksanakan kegiatan mozaik masih kurang, sehingga dilanjutkan ke siklus II dengan memperbaiki kekurangan pada siklus I. Hasil dari siklus II menunjukkan peningkatan kreativitas anak telah mencapai standar yang diharapkan. Hal ini dikarenakan langkah-langkah guru dalam melaksanakan kegiatan mozaik telah dilaksanakan guru dengan baik, sehingga kreativitas anak meningkat dengan baik dimana anak telah mampu menciptakan ide/ gagasan baru ke dalam karyanya dan anak telah mampu menghasilkan karya unik dan menarik melalui kegiatan mozaik, maka penelitian ini dihentikan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak pada kelompok B4 Taman Kanak-kanak Teratai UNM Kota Makassar mengalami peningkatan dengan baik melalui kegiatan mozaik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Dec 2022 06:03
Last Modified: 05 Dec 2022 06:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25973

Actions (login required)

View Item View Item