Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Pada Anak Taman Kanak - Kanak Tunas Harapan Batulappa Kabupaten Luwu”

NIRWANA.S, (2022) Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Pada Anak Taman Kanak - Kanak Tunas Harapan Batulappa Kabupaten Luwu”.

[img] Text
DAFTAR ISI & PENGESAHAN PEMBIMBING.docx

Download (41kB)
[img] Text
KEASLIAN.docx

Download (29kB)
[img] Text
ABSTRAK dan MOTTO, PRAKATA.docx

Download (53kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (116kB)
[img] Text
HASIL OBSERVASI GURU.docx

Download (37kB)
[img] Text
HASILOBSERVASI AKTIVITAS ANAK SIKLUS I.docx

Download (66kB)
[img] Text
RKH.docx

Download (30kB)
[img] Text
POLA FOTO LAMPIRAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (33kB)

Abstract

NIRWANA.S, 2013 ”Metode Bercerita Dengan Menggunakan Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi di Taman Kanak-Kanak Tunas Harapan Batulappa”. Skripsi dibimbing oleh Dr.Parwoto,M.Pd dan Herman,S.Pd,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran dengan metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak di Taman Kanak-kanak Tunas Harapan Batulappa Kabupaten luwu..Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak melalui metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan Taman Kanak-kanak Tunas Harapan Batulappa Kabupaten Luwu. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian yaitu untuk mengkaji Metode bercerita dan kemampuan berkomunikasi pada anak,dan subyek dan setting penelitian di laksanakan di Taman Kanak-Kanak Tunas Harapan Batulappa Kabupaten Luwu pada kelompok B yang berjumlah 10 orang anak dan satu orang guru. Prosudur penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dan masing-masing 4 tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan,observasi,dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Data diperoleh melalui teknik observasi. Teknik analisis yang digunakan untuk mengidentifikasi indikator yang dicapai masing-masing anak berdasarkan hasil observasi dari siklus I dan II. Standar pencapaian dalam penelitian ini apabila guru dapat menerapkan metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan dan dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak pada Taman Kanak –Kanak Tunas Harapan Batulappa Kabupaten Luwu. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2022 05:25
Last Modified: 01 Dec 2022 00:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25849

Actions (login required)

View Item View Item